Sholat Jumat Pertama Setelah 86 Tahun, Hagia Sophia Banjiri Timeline Twitter

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Bangunan bersejarah Hagia Sophia di Turki akhirnya menggelar sholat jumat pertamanya setelah 86 tahun menyandang status sebagai museum. Sebanyak 1.500 jamaah disebut akan hadir.

Hal ini mengundang reaksi netizen di media sosial Twitter. Para netizen muslim turut merayakan alihfungsi bangunan ini dan menjadikan keyword Hagia Sophia berada di jajaran trending topik di Twitter pada Jumat (24/7/2020).

Baca Juga:

Palestina Hilang dari Peta Digital, Netizen Ngamuk

Baca Juga:

Viral Sebutan Kue Klepon Tidak Islami


Hagia Sophia sendiri pada mulanya merupakan sebuah gereja yang berdiri selama 916 tahun. Kemudian setelah penaklukan konstantinopel oleh Sultan Muhammad al-Fatih, masjid ini berubah fungsi menjadi masjid hingga tahun 1934.

Pada tahun 1934, Hagia Sophia diubah menjadi sebuah museum oleh pemerintahan turki modern Mustafa Kemal Ataturk. Dan pada tahun 2020 ini, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan resmi mengembalikan fungsi Hagia Sophia sebagai masjid.

“Kebangkitan Hagia Sophia bukanlah kabar gembira untuk seluruh umat Islam saja. Namun juga adalah api untuk menyalakan obor harapan bagi mereka yang terzalimi, teraniaya, tertindas dan terjajah!,” ujar Erdogan.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories