Technologue.id, Jakarta – Momentum Super September 9.9 dimanfaatkan para pelaku industri e-commerce untuk menjaring serbuan pengguna dan transaksi lebih banyak ketimbang di hari-hari biasa. Segala persiapan dari berbagai sektor terus dimatangkan agar tidak terjadi kendala apa pun.

Di tahun ini, Shopee berhasil menggenjot performa penjualan terbaik dalam sejarah perusahaan, dengan mencatatkan lebih dari 5,8 juta transaksi dalam waktu 24 jam.
Dalam pesta belanja online di bulan September ini, ada peningkatan transaksi sebesar 300 persen atau lebih dari tiga kali lipat dibandingkan hari biasanya.

Baca juga:

Berkah 9.9, Shopee Pecahkan Rekor Penjualan Terbesar

Untuk memenuhi tingginya lonjakan permintaan, Shopee telah menyiapkan infrastruktur, baik dari sisi fisik maupun non fisik. Dari sisi non fisik, kemampuan server diharap bisa kuat menunjang lonjakan trafik agar tidak mudah jebol alias down. Pasalnya, di saat perayaan tersebut rata-rata traffic pengunjung website e-commerce bisa meningkat hingga puluhan kali lipat.

- Advertisement -

“Persiapan sudah dari berbulan-bulan lalu. Kita pastikan theoretically sistem kami cukup, bandwidth cukup, dan server cukup,” ujar Handhika Jahja, Director Of Shopee Indonesia, saat memberikan laporan pencapaian Shopee 9.9 Super Shopping Day, di Jakarta, Rabu (12/08/2018).

Baca juga:

Potensi Besar, JNE Ikut Andil Bangun Ekosistem Bisnis E-commerce

Dilakukan serentak di tujuh negara berbeda, Ia mengaku, sempat terjadi sedikit masalah di sistem. Namun, dengan sigap tim IT di Shopee segera memperbaikinya.

“Kami membetulkan sistem dari segi server dan RAM cukup untuk peningkatan trafik di hari tersebut. Ini pertama kali diadakan di tujuh negara secara bersama-sama dan volume dari Indonesia paling besar,” tandasnya.

Baca juga:

Pria Indonesia Ternyata Juga Kena “Demam” Belanja Online

Dari segi infrastruktur fisik, seperti logistik dan payment, pihak Shopee terlebih dahulu menjalin komunikasi dengan para partner agar seluruhnya siap untuk berjibaku melakukan pengiriman barang yang cepat dan bisa diandalkan ke tangan konsumen.

“Persiapan supporting infrastructure juga kami lakukan berbulan-bulan sebelumnya. Kita ingin memastikan semua ready, dari sisi logistik dan payment gateway,” ujarnya.

Dengan infrastruktur dan teknologi yang kuat, Shopee memastikan bahwa konsumen dapat berbelanja tanpa hambatan baik di aplikasi maupun situs Shopee.