Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Siapkan Jaringan 5G, XL Axiata Uji Coba Dynamic Spectrum Sharing 4G/5G
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus berupaya menyiapkan jaringan untuk implementasi layanan 5G. Uji coba telah dilakukan sejak 2017 lalu hingga yang terbaru melakukan uji coba Dynamic Spectrum Sharing (DSS) 4G/5G.

Dalam konferensi pers yang digelar secara virtual pada Rabu (23/12/2020), I Gede Darmayusa, Director & Chief Technology Officer XL Axiata memaparkan uji coba ini dilakukan untuk memungkinkan pemanfaatan spektrum yang sama pada layanan 4G dan 5G.

Baca Juga:

Masuk Momen Natal dan Tahun Baru, XL Axiata Pastikan Jaringan Aman


Uji coba teknologi DSS 4G/5G ini dilakukan di area depok, bekerja sama dengan Ericsson melalui fitur ESS (Ericsson Spectrum Sharing) dan diujicobakan pada spektrum yang saat ini sudah dimiliki XL Axiata, yaitu 1800MHz dan 2100MHz.

"Tujuan dari uji coba ini adalah guna melihat kesiapan jaringan XL Axiata untuk 5G. Selain itu, uji coba ini juga dimaksudkan untuk mempelajari pengaruh implementasi 5G pada spektrum eksisting terutama pada layanan yang saat ini sudah berjalan, yaitu 3G dan 4G," kata Gede.

"Dengan 4G/5G DSS, XL Axiata bisa berbagi pakai antara 4G dan 5G. Saat nanti 5G sudah diimplementasikan dan spektrum khusus telah tersedia, DSS dapat digunakan untuk solusi perluasan jaringan 5G dengan memanfaatkan jangkauan dan kapasitas spektrum eksisting," tambahnya.

Baca Juga:

Sukses Tumbuhkan Kinerja Bisnis di Masa Pandemi, XL Axiata Raih Bisnis Indonesia Award 2020


Gede sendiri mengaku tidak akan berhenti untuk menyiapkan jaringan lewat serangkaian inovasi. Sebab menurutnya 5G membutuhkan kesiapan ekosistem lainnya, termasuk ketersediaan spektrum 5G dengan lebar pita yang optimal.

Lebih lanjut ia berharap keseluruhan ekosistem teknologi 5G di Indonesia dapat segera terbentuk, seperti ketersediaan spektrum 5G, kesiapan infrastruktur, kesiapan use case, serta kesiapan perangkat pengguna yang terjangkau oleh pelanggan.

SHARE:

Tren Belanja Online Masyarakat pada Ramadan-Lebaran 2024

Startup Energi Terbarukan Xurya Lolos Sertifikasi B Corp