Copyright 2022 Technologue ID. All rights reserved.

Internet Latest News Social Apps

Simak Kebijakan Baru Instagram Bagi Pengguna Platform

byAnggi Maysarah - editorIqbal Marsyaf Jun 24, 2022

Technologue.id, Jakarta - Meta telah mengumumkan perusahaan mulai menguji cara baru memverifikasi usia pengguna Instagram. Sebagai awalan, kebijakan baru ini diterapkan di Amerika Serikat.

Ada skenario khusus di mana ketiga opsi baru akan diuji dan melibatkan orang-orang yang merayakan ulang tahun ke-18 mereka.

Instagram mengharuskan penggunanya memasukkan usianya saat pertama kali mendaftar. Usia minimum seseorang untuk dapat membuat akun adalah 13 tahun, tapi di beberapa negara bahkan ada yang lebih tinggi. Hal tersebut di lakukan Instagram untuk dapat menyesuaikan konten untuk berbagai kelompok usia, serta melindungi remaja usia 13-17 tahun dari konten berbahaya.

“Jika seseorang mencoba untuk mengedit tanggal lahir mereka di Instagram dari usia di bawah 18 hingga 18 tahun atau lebih, kami meminta mereka untuk memverifikasi usianya menggunakan salah satu dari tiga opsi. Yaitu, mengunggah ID mereka (KTP), merekam video selfie, atau bertanya kepada teman pengguna untuk memverifikasi usia mereka,” kata Instagram dalasm pengumuman resminya yang dilansir Phone Arena , Jumat (24/6/2022).

Mengunggah ID pengguna mungkin bukan cara yang sempurna untuk memverifikasi. Untuk itu, Instagram menguji dua opsi tambahan. Yakni video selfie yang disebutkan di atas dan sesuatu yang disebut "vouching sosial".

Fitur video selfie akan mengandalkan algoritme AI untuk menebak usia orang yang mendaftar atau masuk. Meta bermitra dengan Yoti, perusahaan yang berspesialisasi dalam teknologi verifikasi usia untuk melakukan regukasi ini.

"Video Selfie: Anda dapat memilih untuk mengupload video selfie untuk memverifikasi usia Anda. Jika Anda memilih opsi ini, Anda akan melihat petunjuk di layar untuk memandu Anda. Setelah Anda mengambil video selfie, kami membagikan gambar dengan Yoti, dan tidak ada yang lain. Teknologi Yoti memperkirakan usia Anda berdasarkan fitur wajah Anda dan membagikan perkiraan tersebut kepada kami. Meta dan Yoti lalu hapus gambar tersebut," kata Meta.

Opsi kedua bahkan lebih menarik lagi yakni berkaitan dengan jaminan sosial. Pengguna Instagram dapat meminta tiga pengguna yang sudah terverifikasi berusia di atas 18 tahun untuk menjamin mereka.

Begini cara kerjanya:

Social Vouching: memungkinkan pengguna untuk meminta pengikut bersama untuk mengonfirmasi berapa usia Anda. Orang yang menjaminkan harus berusia minimal 18 tahun, tidak boleh menjaminkan orang lain pada waktu yang sama dan harus memenuhi perlindungan lain yang Instagram miliki.

Tiga orang yang Anda pilih untuk menjamin Anda akan menerima permintaan untuk mengonfirmasi usia. Ketiganya hanya diberikan waktu tiga haru untuk merespons.

Perubahan sudah mulai diluncurkan dan akan diuji oleh beberapa grup di Amerika Serikat (AS). Dikabarkan regulasi segera hadir untuk semua akun Instagram dalam beberapa pekan berikutnya.

sumber: phonearena.com
sumber: phonearena.com
sumber: phonearena.com

#Internet #Instagram #MediaSosial #Meta #PenggunaBaruInstagram #VerifikasiUsiaPenggunaInstagram

Baca Juga