Technologue.id, Jakarta – Meski belum begitu tenar di Indonesia, beberapa smartphone keluaran tahun 2019 ini sudah ada yang mengadopsi teknologi eSIM. Dan fitur tersebut kini sudah mulai dimanfaatkan oleh perusahaan telekomunikasi di Indonesia, seperti Smartfren.

Baca Juga:
Murah Banget, Smartfren Rilis Kartu Perdana Super 4G Kuota 5GB

Melalui pernyataan resmi yang diterima Technologue.id (29/07), Smartfren secara resmi sudah mengumumkan kehadiran layanan telekomunikasi berbasis eSIM. Dengan begitu, para pelanggan Smartfren sudah bisa menikmati konektivitas 4G LTE tanpa menggunakan SIM Card berbentuk fisik.

“Smartfren adalah salah satu dari operator 4G pertama di Indonesia yang mengaplikasikan eSIM. Dengan memberikan solusi telekomunikasi alternatif diharapkan pengguna Smartfren dapat tetap terhubung dengan lebih baik dalam menjalankan aktivitasnya”, kata Amith Sethi, Sub Grup Head Device and Innovation.

Saat ini, eSIM sudah bisa tersedia di Galeri Sabang Jakarta, Galeri Mall Ambassador Jakarta, Galeri Smartfren BEC Bandung, Galeri A Yani Semarang, Galeri WTC Surabaya, Galeri Pulau Kawe Bali, Galeri Urip Sumoharjo Makassar dan Galeri Adam Malik Medan.

Baca Juga:
Smartfren Tawarkan Smartday Pass Arab Saudi untuk Jamaah Haji

Agar bisa menggunakan eSIM, pelanggan perlu mendapatkan eSIM QR code yang tersedia di galeri Smartfren. Setelah itu, pelanggan harus memindai QR dengan memastikan perangkatnya terhubung dengan internet. Jika berhasil, profil pengguna SIM secara otomatis akan terpasang di perangkat pelanggan.

“Teknologi eSIM merupakan salah satu terobosan bagi Smartfren. Proses migrasi bagi para pelanggan lama pun cukup mudah dan konsumen tidak akan lagi mengalami masalah yang berkaitan dengan SIM Card”, tutup Amith.