Technologue.id, Jakarta – Sejak akhir tahun 2019 lalu, banyak produsen gadget yang mulai mengembangkan smartphone 5G. Dan tahun 2020 ini, mereka sudah siap merilis produknya ke publik, begitu juga dengan sub-brand Huawei, Honor.

Mengutip dari TheVerge (24/02/20), Honor dikabarkan baru saja mengumumkan kehadiran smartphone 5G pertama mereka, View 30 Pro. Dan rencananya, smartphone itu bakal dijual secara global, tidak hanya di Tiongkok.

Baca Juga:
Benarkah iPhone 5G Tak Memiliki Kecepatan Unggah Tercepat?

Soal spesifikasinya, smartphone tersebut dibekali dengan chipset 5G Kirin 990, layar 6,7 inci beresolusi Full HD, dan baterai 4.100 mAh. Selain itu, ada juga tiga buah kamera utama di sisi belakangnya dengan komposisi 40 MP (utama), 12 MP (wide-angle), dan 8 MP (telephoto). Sementara pada sisi depannya ada kamera 32 MP dan 8 MP.

Namun sayangnya, calon pengguna smartphone Honor View 30 Pro harus terbiasa menggunakan perangkat tersebut tanpa adanya layanan ataupun aplikasi dari Google. Sebab, Huawei, sebagai induk perusahaan dari Honor masih belum mendapatkan restu dari pemerintah Amerika Serikat untuk bisa menyediakan layanan dan aplikasi Google pada smartphone terbarunya.

Baca Juga:
Warga Inggris Khawatir Penerapan 5G Bawa Radiasi Tinggi

Hingga saat ini, belum dijelaskan bagaimana pengguna bisa nyaman menggunakan smartphone tersebut tanpa layanan Google. Namun ini bukanlah smartphone pertama yang hadir tanpa layanan Google, sebelumnya, Huawei sempat merilis Mate 20 Pro di Indonesia yang juga tak dilengkapi oleh layanan Google.