Technologue.id, Jakarta – Di tengah banyaknya vendor gadget dan perusahaan telekomunikasi yang ingin mengembangkan teknologi jaringan berbasis 5G, Qualcomm sebagai produsen chipset mobile justru sudah memiliki produk yang mendukung keberadaan 5G.

Mengutip dari TheVerge.com (04/12/2018), Qualcomm dikabarkan baru saja memperkenalkan sebuah chipset yang sudah mendukung 5G, bernama Snapdragon 855 di sebuah acara Snapdragon Technology Summit di Hawaii.

Baca juga:

Qualcomm Dipaksa Bagikan Lisensinya ke Kompetitor

Sebagai chipset flagship, Snapdragon 855 diposisikan sebagai pengganti dari generasi sebelumnya, Snapdragon 845. Oleh karenanya, tak cuma bisa mendukung keberadaan konektivitas 5G, ia juga memiliki spesifikasi hardware yang tinggi untuk smartphone di masa mendatang.

- Advertisement -

Baca juga:

Snapdragon 675, Chipset Anyar Qualcomm untuk Kelas Menengah

Beberapa hal yang ditingkatkan pada Snapdragon 855 adalah, konsumsi daya yang lebih irit, kemampuan pengolahan gambar, dan performa pada saat bermain game. Sementara untuk konektivitas 5G, Qualcomm menambahkan dukungan terhadap kecepatan multi-gigabit untuk download.

Baca juga:

Qualcomm Luncurkan Otak Baru untuk Perangkat Smartwatch

Rencananya, perangkat mobile yang bakal menggunakan chipset Snapdragon 855 sendiri baru akan bermunculan pada tahun 2019 mendatang. Namun hingga saat ini belum jelas seperti apa perangkat pertama yang menggunakan chipset flagship tersebut.