Soal 5G, Telkomsel: Secara Teknis Kita Siap

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Implementasi jaringan 5G di Indonesia masih abu-abu, pasalnya ekosistem jaringan 5G dan regulasi belum menemukan titik terang. Dalam hal ini diperlukan sinergitas antara regulator, operator dan seluruh stakeholder terkait.

Christian G. Gustiana, General Manager Network Strategic Roadmap Telkomsel, mengatakan bahwa pihaknya telah menjalin kolaborasi dengan Kominfo dan operator satelit untuk sama-sama mencari cara solusinya seperti apa. Menurutnya, tantangan terberat adalah ketersediaan spektrum dan ekosistem jaringan 5G itu sendiri.

Baca Juga:
5G di Depan Mata, Bagaimana Nasib Pendahulunya?

“Butuh effort khusus untuk implementasi jaringan 5G ini. Saat ini spektrum yang paling banyak dipakai di dunia 3,5GHz dan 2,6GHz, dan yang memungkinkan untuk kita pakai itu spektrum yang 2,6GHz,” katanya pada acara jumpa media di Telkom Smart Office, Jakarta Rabu (18/12/2019).

“Namun untuk spektrum yang 2,6GHz itu coverage tidak begitu bagus, kita lagi coba solusikan bersama dengan teman teman operator satelit, regulasi, dan pihak terkait untuk bisa kita manfaatkan dengan maksimal secepatnya,” sambungnya.

Ia mengatakan, secara teknis Indonesia sudah sangat siap, hanya tinggal menunggu ekosistem dan regulasi. “Ini belum ada keputusan resmi, ini sangat dinamis, kita melihat banyak hal seperti ekosistem, industri, regulasi. Kita pantau dulu dengan tepat, kita masih menunggu,” tandas Christian.

Baca Juga:
Telkomsel Hadirkan Jaringan Broadband di Jalur Tol Jakarta-Cikampek II Elevated

Dalam beberapa tahun terakhir Telkomsel memang gencar melakukan uji coba terkait teknologi 5G. Pada 2018 lalu, Telkomsel melakukan uji coba jaringan 5G di gelaran Asian Games 2018 dengan menghadirkan 5G Experience Center yang dapat dirasakan langsung lewat berbagai perangkat seperti Live Streaming, Football 2020, Future Driving, Cycling Everywhere dan Autonomous Bus.

Kemudian pada akhir November 2019, Telkomsel sukses melakukan uji coba di Batam yang menghadirkan berbagai use-case, antara lain Smart Air Patrol, Smart Surveillance, Immersive Collaboration, Future City Planning, 5G Call, Immersive Entertainment, Seamless Gaming, dan Industry 4.0 Enabler.

Latest News

Tak Tertarik ke Mars, Bill Gates Pilih Rawat Bumi

Technologue.id, Jakarta - Bill Gates mengaku tak tertarik mengeksplorasi luar angkasa layaknya Elon Musk. Hal ini ia sampaikan dalam sesi wawancara dengan...

Bersama Studio Anime Asal Jepang, Netflix Garap Serial Terminator

Technologue.id, Jakarta - Netflix dan studio anime asal Jepang, Production I.G akan menggarap serial animasi Terminator. Proyek ini akan diproduseri oleh Matt...

Paman Boboho Meninggal, Jagat Twitter Diselimuti Duka

Technologue.id, Jakarta - Aktor asal Tiongkok Ng Man-tat atau yang lebih dikenal Paman Boboho dikabarkan meninggal dunia, Sabtu (27/2/2021) pukul 17:16 waktu...

Teknologi China Makin Maju, Mantan Bos Google Sebut AS Terancam

Technologue.id, Jakarta - Mantan CEO Google, Eric Schmidt mengungkapkan kekhawatirannya atas kemajuan teknologi China. Ia menyebut Amerika Serikat (AS) kini tengah terancam.

PUBG: New State Bakal Hadir di iOS dan Android

Technologue.id, Jakarta - PUBG bakal luncurkan game mobile baru yang bakal hadir di iOS dan Android. Game ini bernama PUBG: New State, yang...

Related Stories