Telkomsel Hadirkan Jaringan Broadband di Jalur Tol Jakarta-Cikampek II Elevated

Technologue.id, Jakarta – Telkomsel konsisten untuk terus menghadirkan layanan dan jaringan di seluruh wilayah Indonesia dalam mendukung kebutuhan ragam layanan telekomunikasi pelanggan. Setelah menghadirkan jaringan dan layanan 4G di sepanjang jalur utama tol Trans Sumatera, Telkomsel juga menghadirkan jaringan dan layanan 4G di jalan tol Jakarta Cikampek II Elevated (Japek Layang). Serangkaian peningkatan kapasitas base transceiver station (BTS) dan uji jaringan di sepanjang jalur jalan tol layang sepanjang 39 km dari pintu tol Cikunir hingga pintu tol Karawang Barat tersebut telah Telkomsel lakukan untuk menjamin kelancaran layanan telekomunikasi pelanggan.

Direktur Network Telkomsel Iskriono Windiarjanto mengatakan “Kami terus fokus membangun jaringan di wilayah Indonesia untuk menghadirkan pengalaman broadband pelanggan, tak terkecuali di ruas-ruas jalan tol yang baru dibangun oleh pemerintah. Secara khusus, Telkomsel membangun sekitar 82 unit BTS di sepanjang jalur tol Jakarta-Cikampek II Elevated, di mana seluruhnya mengunakan teknologi multi-band Long Term Evolution (LTE).”

“Penyediaan dan penguatan jaringan broadband di jalur tol Jakarta-Cikampek II Elevated, sebagai antisipasi kami untuk menyambut trafik liburan saat momen natal dan tahun baru di mana jalan tol merupakan jalur utama yang padat saat liburan atau saat mudik. Ke depan kami akan terus konsisten dan berkomitmen untuk terus menghadirkan layanan telekomunikasi dengan teknologi terkini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia,” lanjut Iskriono.

Di samping membangun 67 BTS 4G LTE baru di sepanjang jalur tol tersebut, untuk mengoptimalkan jaringan, Telkomsel juga menambah kapasitas 99 BTS 4G LTE. Untuk mengantisipasi lonjakan trafik saat momen liburan natal dan tahun baru, Telkomsel juga telah melakukan serangkaian drive test di ruas jalan tol Jakarta-Cikampek II Elevated. Dari hasil drive test tersebut, parameter coverage (kekuatan sinyal), kualitas sinyal dan capacity (data download throughput) menunjukkan hasil yang baik, di mana mencapai angka 99,35%.

Untuk melengkapi penyediaan layanan jaringan di ruas-ruas jalan tol, Telkomsel juga fokus memaksimalkan kapasitas jaringannya di 16 ruas tol utama di Sumatera dan Jawa, termasuk 12 ruas tol baru, di mana sudah dilayani sekitar 2.226 BTS Telkomsel. Sehingga untuk coverage jalur utama tol Trans Sumatera dan tol Trans Jawa sudah di-cover sinyal Telkomsel secara continues 100%.

Secara keseluruhan Telkomsel telah mengoperasikan lebih dari 209.000 BTS di mana 77.501 merupakan BTS 4G dan berkomitmen menambah sekitar 22.000 BTS baru hingga akhir tahun 2019 ini. Selain itu untuk mempercepat penambahan coverage dan meningkatkan kualitas jaringan 4G di Indonesia, Telkomsel mengimplementasikan teknologi 4G LTE ini di seluruh BTS di frekuensi 900Mhz. Sehingga dengan implementasi tersebut, Telkomsel kini memperluas jangkauan layanan 4G mencapai 95% populasi menjangkau hampir di seluruh kota/kabupaten yang ada di Indonesia.

Dalam rangka mengukuhkan sebagai digital telco company serta komitmen Telkomsel dalam membangun akses jaringan yang merata di seluruh Indonesia, maka Telkomsel secara konsisten menghadirkan produk dan layanan berbasis digital berkualitas yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan itu sendiri, seperti layanan Digital Lifestyle (MAXstream, Langit Musik, Dunia Games), Mobile Financial Services (Linkaja), Digital Advertising, Digital Banking (Mobile Banking) and Internet of Things (Smart Connectivity, Fleet Sight dan InTank).

Sebagai upaya meningkatkan pengalaman pelanggan menikmasti akses layanan broadband berkualitas, Telkomsel belum lama ini juga menghadirkan Paket Kuota Data Oh My Gigabytes! (OMG!) yang merupakan paket baru Telkomsel yang dapat digunakan untuk mengakses sejumlah aplikasi favorit dan sosial media sesuai minat pelanggan. Di dalam Paket OMG! ini terdapat kuota data yang secara khusus dapat digunakan pelanggan prabayar Telkomsel untuk bebas berselancar dalam mengakses aplikasi seperti YouTube, Facebook, Instagram, MAXstream, HOOQ, VIU, iFlix, Klik Film, BeIN Sports, serta Nickelodeon Play tanpa biaya tambahan.

Recent Articles

Facebook Gaming Meluncur di iOS, Namun ‘Kopong’

Technologue.id, Jakarta - Facebook akhirnya merilis aplikasi Facebook Gaming untuk perangkat iOS. Berbeda dengan versi Android, Facebook Gaming untuk iOS ini tidak...

Netmarble Lurncurkan Event The Seven Deadly Sins: Grand Cross X Attack on Titan

Technologue.id, Jakarta - Netmarble luncurkan event baru di game buatannya, The Seven Deadly Sins: Grand Cross X Attack on Titan pada 21...

Presiden AS Putuskan Blokir WeChat

Technologue.id, Jakarta - Ancaman pemblokiran terhadap aplikasi populer asal China oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bukan hanya mendera TikTok saja....

Xiaomi Kembangkan Ponsel dengan Layar yang Bisa Dibongkar-Pasang

Technologue.id, Jakarta - Xiaomi tidak henti-hentinya melakukan inovasi. Setelah banyak meluncurkan beragam ponsel pintar, kali ini raksasa teknologi asal China itu dikabarkan...

Samsung Dirikan Test Center Covid-19 di Korea Selatan

Technologue.id, Jakarta - Dampak pandemi Covid-19 hingga saat ini masih dirasakan oleh berbagai pihak, tak terkecuali oleh raksasa teknologi asal Korea Selatan,...

Related Stories