Technologue.id, Jakarta – Tak terekspos di industri smartphone, Sony ternyata sibuk melanjutkan proyek lainnya. Perusahaan asal Jepang itu merilis robot anjing terbarunya, Aibo ERS-1000, setelah satu dekade terbengkalai.

Melansir TheVerge (31/10/17), Sony mengklaim Aibo versi terbaru ini lebih luwes dan pintar daripada versi terdahulunya. Tak hanya itu, robot anjing berwarna putih tersebut diyakini mampu mengikat si pemilik sekaligus seisi penghuni rumahnya karena tingkahnya yang lebih menggemaskan. Misalnya, Aibo tak akan segan untuk “bermanja-manja” dengan mencari di mana sang pemilik berada, melakukan hal-hal yang disukai si owner, dan membiasakan diri di lingkungan yang lebih luas.

Baca juga:

Canon Masukkan Dua Kamera Profesional 4K ke Indonesia, Harga?

- Advertisement -

Hal tersebut memungkinkan karena Aibo 2017 memiliki teknologi deep learning yang bakal menganalisis suara dan gambar yang masuk ke sistem sensor dalam tubuhnya sembari me-retrieve data di cloud yang didapat dari unit Aibo dan owner lainnya. Anjing yang baterainya tahan hingga dua jam ini juga dilengkapi dengan mata berpanel OLED yang bisa menunjang ekspresi “hewani” yang ditampilkannya.

Baca juga:

Layarnya Bisa Ditekuk Jadi Dua, Begini Kerennya ZTE Axon M

Sony Bangkitkan Lagi Robot Anjing Pintarnya, Harga?
Aksesori tulang Aibo (source: TheVerge.com)

Robot lucu ini juga bisa terkoneksi dengan smartphone melalui aplikasi My Aibo. Gunanya, user bisa mengakses foto yang diambil dari kamera dalam Aibo ERS-1000, membuka settings Aibo, serta mengunduh trik baru untuk dipelajari robot yang punya koneksi Wi-Fi dan LTE tersebut.

Baca juga:

Saatnya Atlet Punya Gadget Super Canggih, Coba Cek Jam Pintar Garmin Ini Deh!

Aibo sudah dijual di tahap pre-order pada awal bulan ini. Namun, Sony baru akan menjualnya di toko-toko pada 11 Januari mendatang dengan harga Rp23 juta, termasuk langganan bulanan. Kalau Anda mau menambah Rp350 ribuan lagi, Anda bisa membawa pulang juga aksesori tulang bernama Aibone.