Technologue.id, Jakarta – SpaceX Crew Dragon yang dijadwalkan menjadi pesawat ruang angkasa pertama yang membawa manusia ke orbit dari tanah Amerika sejak 2011, telah tiba di situs peluncuran Cape Canaveral. SpaceX siap luncurkan kapsul Crew Dragon ke luar angkasa setelah menjalani beberapa pengujian akhir sebelum diluncurkan.

Sebagaimana dilansir dari Engadget, NASA dan SpaceX sudah mempersiapkan kendaraan untuk uji penerbangan berawak yang pertama dan akan menempatkannya melalui pengujian akhir serta proses pra-peluncuran selama beberapa bulan ke depan. Jika semuanya berjalan dengan baik, uji penerbangan berawak pertama akan terjadi segera setelah musim semi tahun ini.

Baca Juga:

Elon Mask sebelumnya mengungkapkan bahwa tanggal kerja peluncuran adalah 7 Mei dan akan lepas landas dengan stronot veteran Doug Hurley dan Bob Behnken. Crew Dragon berhasil menyelesaikan uji terbang ke ISS tanpa astronot onboard pada awal 2019, menghabiskan beberapa hari merapat ke adaptor sebelum kembali.

Namun tes lain dilakukan segera setelah itu dan ada kesalahan yang amat sangat, yakni kapsul yang diuji dihancurkan karena bocornya oksidator.

Meskipun mengalami kemunduran, ter berikutnya berhasil, termasuk tes parasut, tes aborsi, dan hanya beberapa hari sebelum pengiriman pesawat ruang angkasa, tes interferensi elektromagnetik yang dapat ditonton dari bawah.