Strategi Vivo Pertahankan Posisi Jawara Brand Smartphone Indonesia

Technologue.id, Jakarta – Tahun 2020 merupakan tahun istimewa untuk vendor smartphone Vivo di Indonesia. Bagaimana tidak, Vivo sukses menjadi merek nomor 1 di Indonesia untuk pertama kalinya, pada kuartal I-2020.

Menurut riset dari firma pasar IDC, pangsa pasar Vivo di Indonesia pada kuartal I-2020 sebesar 27,4 persen. Pangsa pasar Vivo tersebut meningkat dibandingkan pada kuartal III-2019, yang sebesar 22,8 persen.

Baca Juga:
Imbas Pandemi, Penjualan Smartphone Vivo Bergerak Dinamis

Pada periode kuartal III-2019, Vivo masih menduduki di peringkat dua vendor smartphone di Indonesia. Saat itu, Oppo yang berada di posisi pertama dengan pangsa pasar sebesar 26,2 persen.

Untuk mempertahankan pucuk pimpinan ini, pihak Vivo Indonesia bakal tetap mengedepankan inovasi agar produknya terus dilirik konsumen. Banyaknya varian yang dirilis dengan beragam fitur menjadi salah satu strategi Vivo untuk menarik pasar Indonesia. Didukung pula oleh penguatan rantai distribusi dan memastikan ketersediaan produk di pasar.

“Yang pertama, pasti inovasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Kalau semua produk memiliki inovasi yang dibutuhkan masyarakat, maka itu akan menjadi produk yang dibeli oleh masyarakat. Dengan adanya pandemi ini, kita juga melakukan beberapa adaptasi dan program-program penjualan seperti Layanan Antar ke Rumah dan bekerja sama dengan toko-toko online. Kita juga berusaha memastikan produk-produk kita mudah didapatkan di pasaran,” tutur Tyas K. Rarasmurti, Public Relations Manager Vivo Indonesia, saat konferensi pers virtual, Rabu (20/5/2020).

Baca Juga:
Pabrik Samsung, Xiaomi, Oppo dan vivo di India Mulai Beroperasi

Tyas mengakui, tahun 2020 ini merupakan tahun yang penuh tantangan. Semua orang dan lingkup bisnis harus bisa beradaptasi dengan kebiasaan dan norma-norma baru. Kendati berada pada masa sulit, namun hal ini tidak mengurangi semangat dan komitmen Vivo untuk memberikan layanan terbaik kepada konsumen dan rekan bisnis mereka.

Untuk produknya, empat seri ponsel Vivo memiliki segmen pasar masing-masing. Dimulai dari seri Y menyasar konsumen yang memiliki kocek terbatas namun mendambakan smartphone yang affordable. Seri Z, untuk memenuhi kebutuhan gamers dan hobi fotografi.

Untuk seri S, mengincar generasi milenial yang ingin selalu tampil beda. Terakhir, seri V merupakan produk yang menjadi pionir dalam menghadirkan teknologi tertentu, seperti smartphone dengan pop up camera pertama dan smartphone dengan dual pop up camera pertama.

Recent Articles

VMware Kerja Sama dengan Mitra Perkuat Mobilitas Enterprise dan Kontinuitas Bisnis di Kawasan Asia Pasifik dan Jepang

Technologue.id, Jakarta - VMware, inovator terkemuka di bidang peranti lunak kelas enterprise, melakukan mobilisasi ekosistem mitra mereka di seluruh kawasan Asia Pasifik...

Gold Wagon: Gerobak Tambang Liar yang Kini Hadir di iOS

Technologue.id, Jakarta - Gold Wagon adalah game arcade buatan Squareform yang sudah hadir di iOS. Game ini membuat pemain meluncur di rel untuk...

Tampilkan Konten Terbaru, Game Blade&Soul Revolution Rilis Update Spesial

Technologue.id, Jakarta - Perusahaan game global, Netmarble Corp, hari ini mengumumkan hadirnya update spesial untuk MMORPG aksi oriental terbarunya, Blade&Soul Revolution, yang...

Melihat Paten Baru Xiaomi, Ponsel Lipat Clamshell dengan Bar Kamera Putar

Technologue.id, Jakarta - Paten baru yang diajukan oleh Xiaomi, memperlihatkan sketsa bentuk smartphone baru yang menarik. Dengan melipat smartphone yang kembali dalam setahun...

Kenali Gaya Pengguna Tinder Indonesia dari Zodiak Mereka

Technologue.id, Jakarta - Astrologi adalah panduan terpercaya untuk mengetahui karakter seseorang, termasuk dalam mencari pasangan. Begitu pula di Tinder, astrologi berperan penting...

Related Stories