Technologue.id, Jakarta – Pasar smartphone dalam beberapa tahun terakhir terus berkembang. Hal ini salah satunya diakibatkan oleh banyak bermunculannya vendor ponsel pintar di beragam belahan dunia.

Kebetulan, sekarang ini ada sejumlah negara yang sudah dikenal sebagai penghasil smartphone terbesar sekaligus terpopuler di dunia. Apa saja? Berikut daftar yang sudah redaksi siapkan:

1. Tiongkok
Seperti yang mungkin sudah Anda perkirakan, Tiongkok ada di jajaran negara teratas penghasil ponsel pintar. Tidak mengherankan, di Negeri Tirai Bambu itu banyak vendor smartphone bermunculan, mulai dari yang berpengalaman seperti Huawei hingga Xiaomi dan OnePlus yang usianya masih bisa dihitung dengan jari.

Selain itu, Apple adalah brand besar lain yang turut membuat produknya di Tiongkok. Di negara ini pulalah pasar iPhone terbesar selain Amerika Serikat berada.

2. Jepang
Kendati Sony, produsen smartphone asli Jepang, sedang susah bersaing, Negeri Sakura tak bisa ditinggalkan begitu saja dari daftar ini. Jepang sudah lama terkenal dengan kemajuannya di bidang teknologi dan predikat itu tak cuma berlaku untuk smartphone.

Sejauh ini, Sony pun punya beberapa produk unggulan yang sebenarnya masih mampu bertarung dengan flagship kebanyakan. Yang terbaru, mereka merilis Xperia X, ponsel dengan gaya klasik Sony tetapi mengusung kamera belakang yang cukup powerful.

3. India
Semenjak beberapa tahun lalu, pemerintah India menggelar inisiasi produksi smartphone oleh warganya, yakni Make in India. Sejumlah vendor global pun berduyun-duyun datang dan memproduksi ponselnya di India, contohnya Microsoft, Samsung, juga sejumlah perusahaan dari Tiongkok seperti Xiaomi dan Huawei.

Selain bertujuan untuk meningkatkan perekonomian dalam negeri lewat investasi asing langsung, program ini dimanfaatkan pula untuk membesarkan pabrik smartphone asli India. Saat ini, sudah ada beberapa nama yang berani muncul di pasaran negara lain, seperti Lava dan Micromax. Menariknya, India juga berhasil membuat smartphone termurah di dunia. Freedom 251, nama produk itu, dibanderol Rp 50 ribuan saja!

4. Taiwan
Kalau Anda mengenal ponsel seri Zenfone, maka Anda harusnya familiar dengan Asus. Ya, itulah salah satu pabrik yang mengenalkan nama Taiwan di industri smartphone global. Di samping Asus, ada juga vendor lain dari Taiwan yang tak kalah populer, yaitu HTC. Terakhir, mereka kabarnya mendapat kepercayaan dari Google untuk memproduksi seri Nexus tahun ini: Marlin dan Sailfish.

Selain dua nama besar itu, Taiwan ternyata juga menjadi rumah produksi untuk Nextbit Robin. Produk yang berasal dari proyek Kickstarter itu digadang-gadang mampu bermain di pasar smartphone global. Sebab, Robin termasuk smartphone unik karena mengusung cloud-first.

5. Kanada
Negara tetangga Amerika Serikat ini memang bukan pemain utama di industri smartphone global. Namun gara-gara BlackBerry, Kanada jadi dikenal di bisnis ini.

Meski saat ini sudah kehilangan momen keemasannya, BlackBerry masih berusaha bertahan dengan menunggangi popularitas Android. Selain Priv, John Chen cs telah mengenalkan DTEK50, yang dilabeli sebagai ponsel teraman di dunia.

 

Baca juga:

SAMSUNG GALAXY NOTE 7, PAKAI IRIS SCANNER DAN TAHAN AIR!

PUNYA PROSESOR 10-CORE, INI DIA XIAOMI REDMI PRO

REKOR BARU APPLE, 1 MILIAR IPHONE TELAH TERJUAL!