Technologue.id, Jakarta – Sebagai salah satu aplikasi chatting dengan pengguna terbesar di dunia, wajar kalau WhatsApp konsisten mengusahakan fitur-fitur baru. Selain bisa membuat penggunanya yang sekarang nyaman, bukan tidak mungkin dengan kian lengkapnya fitur-fitur platform milik Facebook Inc. ini, user dari platform lain memutuskan untuk bermigrasi.

Nah, fitur yang baru dihadirkan oleh WhatsApp adalah group call. Fitur ini tersedia baik untuk panggilan suara maupun video, dengan maksimal user terlibat dalam sekali panggilan grup ini mencapai empat orang.

Baca juga:

WhatsApp Kini Punya Fitur Group Video Call

Sayangnya, mungkin belum semua pengguna menyadari kehadiran group call ini. Apabila kebetulan Anda belum tahu atau paham cara menggunakannya, coba simak saja langkah-langkahnya berikut ini.

- Advertisement -

1. Pertama-tama, mutakhirkan aplikasi WhatsApp di perangkat seluler Anda. Redaksi sendiri memakai aplikasi WhatsApp versi 2.18.230 di perangkat Android.

2. Kalau sudah, akseslah tab Call atau panggilan, kemudian pilih kontak pertama yang hendak Anda panggil.

Cara lainnya, Anda juga bisa membuka thread obrolan dengan user yang Anda tuju, lalu pilihlah ikon video untuk melakukan video call (atau ikon telepon untuk voice call).

Baca juga:

Pemerintah Prancis Larang Penggunaan Smartphone di Sekolah, Kenapa?

3. Sembari menunggu user di seberang menjawab panggilan Anda, tengoklah ke bagian kanan atas, maka Anda akan melihat ikon untuk menambahkan pengguna lain dalam panggilan ini.
Sebelum panggilan pertama Anda ini dijawab, Anda tak bakal bisa menambahkan pengguna lain. Setelah yang bersangkutan menjawab, barulah ikon ini aktif.

4. Tap ikon tersebut dan pilihlah teman kedua, ketiga, dan keempat (jika diperlukan) dari daftar kontak Anda. Nantinya, layar secara otomatis akan terbagi secara simetris menjadi empat. Kalau hanya tiga orang, maka layar akan menyesuaikan.

Baca juga:

Remaja 12 Tahun Bunuh Diri Gara-gara Momo Challenge di WhatsApp

Sudah Tahu? Ini Cara Video Call "Keroyokan" di WhatsApp
Tampilan layar Anda saat melakukan panggilan grup video di WhatsApp (Ulwan Fakhri / Technologue.id)

Dalam video call keroyokan ini, setiap user yang terlibat bisa melihat satu sama lain begitu saling terkoneksi. Namun, user kedua, ketiga, dan keempat yang Anda panggil tidak bisa mengetahui sedari awal kalau mereka akan dilibatkan dalam video call grup. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda yang memulai inisiatif group call menotifikasi mereka sebelumnya agar tidak terjadi kesalahpahaman.