Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Survei ini Ungkap Kapan Jam Sibuk Pengguna Gadget Saat Ramadan
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Lembaga riset, OpenSignal, beberkan laporan terkait pengalaman jaringan seluler di lima negara populasi Muslim meliputi Indonesia, Mesir, Malaysia, Pakistan, dan Arab Saudi.

OpenSignal menjelaskan, saat masuk bulan puasa, aktivitas para pelanggan seluler mengalami kepadatan dari segi jam waktunya. Kegiatan mulai dilakukan sejak pukul 3-6 pagi, waktu sahur, subuh, sampai memulai aktivitas itu kecepatan 4G lebih lambat atau sering dipakai pengguna.

Baca Juga:
TikTok Ajak Masyarakat Berbagi Keseruan saat Bulan Ramadan

Di Indonesia, pada pukul 3-6 pagi selama Ramadan ini lebih tinggi dibanding waktu lainnya. Sementara saat waktu berbuka puasa pada rentang pukul 18-21 malam jauh lebih rendah ketimbang sebelum Ramadan.

“Selama bulan Ramadan, periode pukul 03.00 hingga 06.00 menunjukkan penurunan yang signifikan dalam kecepatan unduhan 4G - kemungkinan besar karena aktivitas pengguna yang lebih besar dan kepadatan jaringan,” jelas OpenSignal.

Jika dibandingkan antara bulan Ramadan dengan bulan lainnya, rata-rata kecepatan pengunduhan 4G umumnya lebih rendah pada malam dan dini hari (tengah malam sampai 9 pagi) karena jadi lebih banyak pemakainya. Lalu lebih cepat pada siang hari (9 pagi-tengah hari) karena lebih sedikit pemakainya.

OpenSignal menuturkan bahwa itu paling menonjol pada periode sebelum fajar (3-6 pagi), dengan Mesir, Indonesia, Pakistan, dan Kerajaan Arab Saudi semuanya mengalami penurunan lebih dari 15% akibat tingginya penggunaan.

Selama bulan Ramadan, periode tiga jam ini adalah kesempatan terakhir untuk makan sebelum puasa dimulai dan juga momen salat wajib (Subuh). Tentunya bakal ada lebih banyak orang yang terjaga saat ini dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Hal itu juga yang menyebabkan peningkatan lalu lintas dan menurunkan kecepatan pengunduhan.

Sementara itu, sepanjang sisa hari itu, peningkatan kecepatan menunjukkan berkurangnya lalu lintas jaringan, karena orang menghabiskan lebih sedikit waktu dengan ponsel.

Baca Juga:
Gojek Siapkan Amunisi Hemat dan Cermat Saat Ramadan 2023

OpenSignal menjelaskan bagaimana rata-rata kecepatan pengunduhan bulanan untuk satu hari penuh, dan hanya untuk periode 3-6 pagi, pada bulan Ramadan lebih lambat dibandingkan dengan tiga bulan sebelum dan sesudahnya.

Meskipun terdapat penurunan tajam dalam kecepatan di Mesir, Indonesia, Pakistan, dan Kerajaan Arab Saudi, angka harian menunjukkan sedikit perbedaan dari tren. Bahkan, ada sedikit peningkatan di kelima negara tersebut, jika dibandingkan April sampai Maret.

“Hal ini menunjukkan bahwa periode aktivitas dan kemacetan pengguna yang lebih besar di pagi hari diimbangi dengan pengurangan penggunaan jaringan selama sisa hari itu,” tutup OpenSignal.

SHARE:

Misi Odysseus Dihentikan Setelah 7 Hari Mendarat di Bulan

Mobil Balap Toyota All New Agya GR Sport Raih Podium Pertama di ISSOM 2024