Technologue.id, Jakarta – Infrastruktur 5G secara global belum sepenuhnya matang. Pasalnya, hingga hari ini, baru beberapa perusahaan teknologi yang sudah mulai mendukung keberadaan jaringan 5G. Dan salah satunya yang mungkin bakal ikut meramaikannya adalah Apple.

Baca Juga:
Chipset untuk iPhone Mendatang sudah Mulai Diproduksi

Mengutip dari TheVerge (17/06/19), rumor soal iPhone dengan konektivitas 5G tersebut datang seorang analis kondang, Ming-Chi Kuo. Ia mengatakan bahwa hal tersebut didapatkan dari sebuah sumber terpercaya. Dan dari situ, Kuo yakin bahwa tahun 2020 mendatang, Apple bakal merilis iPhone 5G.

Meski hal tersebut masih sebatas rumor, faktanya Intel sebagai vendor setia penyuplai modem untuk perangkat Apple tak lagi mendistribusikan komponen tersebut, termasuk modem 5G. Pasalnya, Apple sudah beralih ke Qualcomm. Sementara di sisi lain, Apple saat ini masih terjerat kasus hukum dengan Qualcomm hingga saat ini. Oleh karenanya, bisa saja penggunaan modem 5G untuk iPhone bisa terlambat.

Baca Juga:
Huawei Dilarang di AS, Apa Yang Terjadi Bila China Tolak iPhone?

Sebelumnya, beredar juga rumor lain yang mengatakan bahwa Apple bakal menghadirkan tiga buah iPhone untuk tahun 2020 mendatang. Tiga smartphone tersebut akan menggantikan posisi iPhone XS, XS Max, dan XR sebagai iPhone ekonomis.

Jika rumor soal modem 5G benar, bisa jadi ketiganya nanti akan memiliki konektivitas 5G.

Hingga saat ini belum ada penjelasan resmi dari Apple terkait dengan iPhone 5G maupun tiga buah iPhone yang bakal tiba di tahun 2020. Namun lebih detailnya, ada yang mengatakan bahwa ketiganya masing-masing akan memiliki layar 6,7 inci, 6,1 inci, dan 5,4 inci.