Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Teleskop Luar Angkasa Webb Tangkap Foto Nebula Cincin yang Menakjubkan
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Teleskop Luar Angkasa James Webb bertugas untuk menangkap gambar dari objek-objek luar angkasa. Kali ini, Webb berhasil menunjukkan Nebula Cincin (Ring Nebula) dengan detail yang menakjubkan.

Pertama kali terlihat pada abad ke-18 dan terletak sekitar 2.500 tahun cahaya dari Bumi, cincin utama dari Nebula Cincin yang berwarna-warni terdiri dari gas yang dibuang oleh bintang yang sekarat di pusat nebula.

Baca Juga:
Samsung Persiapkan Peluncuran Galaxy S24 Series, Rilis di Awal 2024

Bintang ini pada akhirnya akan menjadi katai putih, inti yang sangat kecil, padat, dan panas yang menandai tahap evolusi terakhir untuk sebuah bintang. Menurut Badan Antariksa Eropa (ESA), kematian bintang pada akhirnya juga akan diikutii oleh matahari kita sendiri.

Webb menangkap gambar tersebut menggunakan dua kamera berbeda. Pertama diambil oleh kamera near-infrared (NIRCam), menunjukkan detail rumit dari struktur filamen cincin bagian dalam.

Gambar kedua menggunakan instrumen mid-infrared Webb (MIRI) untuk mengungkap detail tertentu dalam fitur konsentris di bagian luar cincin nebula.

Nebula Cincin, yang digambarkan ESA berbentuk seperti “donat terdistorsi”, mengandung sekitar 20.000 butiran padat yang kaya akan molekul hidrogen. Sebaliknya, wilayah dalam merupakan wilayah gas yang sangat panas.

“Cangkang utama mengandung cincin tipis peningkatan emisi dari molekul berbasis karbon yang dikenal sebagai hidrokarbon aromatik polisiklik,” kata ESA.

ESA mencatat bahwa meskipun bagian tengah donat mungkin tampak kosong, pada kenyataannya donat itu penuh dengan bahan dengan kepadatan lebih rendah.

Baca Juga:
Foto Bulan yang Berhasil Ditangkap Luna-25 Sebelum Gagal Mendarat

Teleskop Webb terletak sekitar satu juta mil dari Bumi dan baru-baru ini merayakan tahun pertama operasinya.

NASA, Badan Antariksa Eropa, dan Badan Antariksa Kanada telah bekerjasama dalam upaya senilai USD10 miliar, membangun dan menggunakan teleskop ruang angkasa paling kuat di dunia dalam upaya untuk membuat penemuan inovatif tentang asal usul alam semesta.

SHARE:

Honda Janji Bawa 5 Mobil Baru di Ajang GIIAS 2024, Salah Satunya Model Konsep

Selain Manusia, Apple Watch Juga Bisa Mendeteksi Jantung Singa