Technologue.id, Jakarta – Telkomsel meluncurkan aplikasi perpustakaan digital yang dinamai ‘Telkomsel Digital Library’atau T-PERPUS. Aplikasi perpustakaan digital ini merupakan hasil kerjasama dengan Gramedia Digital Nusantara (GDN) untuk memberikan solusi digital supaya mempermudah masyarakat Indonesia khususnya kalangan millenial mengakses sumber literasi.

Aplikasi ini diharapkan bisa mendongkrak minat baca masyarakat Indonesia yang menjadi salah satu negara dengan tingkat literasi paling rendah di dunia. Hasil riset menyebutkan minat baca yang tergolong rendah menjadi penyebab kemampuan membaca, berhitung dan pengetahuan ilmiah anak-anak Indonesia masih di bawah negara-negara tetangga seperti Singapura, Malaysia dan Thailand.

Baca juga:

Pertama di Indonesia, Telkomsel Pamerkan Mobil Otonom Berteknologi 5G

“T-PERPUS dihadirkan untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan meningkatkan sumber daya manusia. Aplikasi digital T-PERPUS dapat digunakan dengan mudah dan sesuai gaya hidup digital masa kini, sehingga diharapkan dapat meningkatkan minat baca anak muda Indonesia,” jelas Irfan A. Tachrir, Direktur Human Capital Management Telkomsel.

Adi Ekatama Chief Operating Officer Gramedia Digital Nusantara berharap agar aplikasi ini bisa memberi manfaat bagi banyak orang. “Kolaborasi kami dengan Telkomsel ini bisa menjadi awal dari kolaborasi kita selanjutnya, yang tujuan utamanya adalah untuk menjadi akselerator dari kemajuan Indonesia,” ungkap Adi di Telkomsel Smart Office, Jakarta.

Baca juga:

China atau Amerika Serikat, Siapakah Pemenang Lomba Adopsi 5G?

Telkomsel memberikan 5000 akses user tanpa biaya, yang akan disebar di beberapa wilayah di Indonesia. Di tahap awal Telkomsel memberikan 1000 user di Universitas atau perguruan tinggi yang ada di Jawa Barat dengan jumlah konten buku lebih dari 3000 dengan 69 kategori. Secara periodikal program T-PERPUS akan rilis di daerah-daerah selanjutnya.

Baca juga:

Canon EOS 1500D dan 3000D Sasar Fotografer Pemula, Apa Bedanya?

T-PERPUS merupakan platform aplikasi perpustakaan digital yang memudahkan masyarakat khususnya komunitas di sekolah dalam mengakases informasi, mendorong minat baca, meningkatkan kompetensi dan mutu dalam bidang pendidikan. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam kategori buku, majalah dan koran yang menarik, dan dapat digunakan di perangkat berbasis iOS atau Android kapanpun dan dimanapun.