Technologue.id, Jakarta – Teknologi telekomunikasi 5G sudah mulai diujicoba di beberapa negara. Telkomsel sebagai operator telekomunikasi dengan pelanggan paling banyak di Indonesia membuka Telkomsel 5G Experience Center untuk menampilkan beragam teknologi yang memanfaatkan jaringan 5G.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara yang meresmikan pameran yang berada di area Asian Games 2018 ini langsung berkeliling melihat kemampuan teknologi komunikasi paling anyar tersebut. Ia juga mencoba mobil bus tanpa pengemudi alias mobil otonom.

Baca juga:

China atau Amerika Serikat, Siapakah Pemenang Lomba Adopsi 5G?

Menteri yang akrab disapa Chief RA tersebut menyebutkan bahwa teknologi 5G masih belum memiliki model bisnis. Dalam sambutannya, Chief RA menjelaskan bahwa semua negara masih berkompetisi melakukan ujicoba jaringan telekomunikasi bergerak generasi kelima ini.

“Korea Selatan sudah mulai mencoba 5G pada olimpiade musim dingin di PyeongChang awal tahun 2018. Lalu Jepang tengah bersiap meluncurkan 5G saat olimpiade 2020 mendatang. Nah, Indonesia jangan kalah, kita adain showcase di Asian Games ini,” kata Rudiantara.

Baca juga:

Telkomsel Siap Pamerkan Teknologi 5G di Asian Games 2018

Telkomsel 5G Experience Center bertempat di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Pameran teknologi masa depan ini bakalan dibuka untuk publik selama perhelatan olahraga akbar Asian Games 2018, sejak 18 Agustus hingga 2 September 2018.

Telkomsel 5G Experience Center berisi berberapa aplikasi penggunaan seperti Live Streaming, Cycling Everywhere, Football 2022, Beat the Robot, Future Driving dan Autonomous Electric Vehicle yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Baca juga:

Lenovo Jadi yang Pertama Hadirkan Smartphone 5G?

“Telkomsel jadi yang pertama menghadirkan 5G di Indonesia. Kami mengajak para masyarakat terutama yang nantinya menonton perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta untuk dapat menikmati pengalaman teknologi 5G di Telkomsel 5G Experience Center. Mari kita menangkan hari ini, demi kemajuan bangsa Indonesia!” ujar Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel.