Telkomsel Mulai Jajal 5G, Di Mana Saja?

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Telkomsel melakukan tahapan uji layak operasi (ULO) layanan 5G yang telah dilangsungkan pada hari Rabu (19/5/2021). Telkomsel menjadi operator seluler pertama yang mulai memasuki fase uji coba kelayakan untuk jaringan 5G di Indonesia.

Uji Kelayakan ini penting dilakukan sebelum memasarkannya kepada masyarakat luas. Telkomsel berencana untuk menggelar layanan 5G terbatas di beberapa wilayah. Rencananya acara launching layanan 5G akan diselenggarakan di 6 lokasi residensial Kelapa Gading, Pondok Indah, PIK, BSD, Widya Chandra, dan Alam Sutera.

Selain enam wilayah diatas, Telkomsel juga berencana menggelar layanan 5G komersil di beberapa wilayah lainnya seperti Batam, Bandung, Surabayam Makassar, Denpasar, dan Balikpapan.

Baca Juga:
Telkomsel Catat Lonjakan Trafik Data saat Lebaran 2021

Sebelum memasarkan produk layanan jaringan 5G kepada masyarakat luas di seluruh wilayah di Indonesia, pihak Telkomsel mengajukan perizinan ULO kepada pihak Kemenkominfo terlebih dahulu. Apabila gagal mendapatkan izin, maka pihak pengaju dilarang memasarkan layanan yang ingin mereka tawarkan kepada masyarakat.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny Plate memastikan bahwa ULO diperlukan untuk memastikan layanan seluler kepada masyarakat telah memenuhi kualitas yang memadai.

“Karena sesuai ketentuan yang berlaku, setiap operator seluler yang akan memberi layanan seluler dengan teknologi baru, wajib melakukan ULO,” kata Johnny.

Johnny pun menambahkan, jika proses ULO 5G yang dilakukan Telkomsel selesai dan dinyatakan lulus, maka operator seluler pelat merah ini bisa langsung menggelar jaringan 5G.

Pita frekuensi radio yang direncanakan akan digunakan Telkomsel untuk teknologi 5G ini menggunakan frekuensi 2,3 Ghz untuk data plane dan pita frekuensi 1.800 MHz untuk control plane.

Baca Juga:
Telkomsel Siram Gojek Rp 4,3 Triliun

Dalam melakukan tahapan pengujian secara komersial pihak operator bisa memberikan layanan jaringan 5G namun tanpa menetapkan tarif. Hal ini bisa terjadi karena layanan yang ditawarkan masih dalam tahapan uji coba. Telkomsel sendiri bukan kali ini saja melakukan tahapan uji coba terhadap layanan 5G ini.

Sebelumnya Telkomsel juga pernah melakukan tahapan pengujian jaringan 5G di Indonesia pada tahun 2017 silam. Selain itu mereka juga pernah menguji kembali pada momen Asian Games 2018. Serta yang terakhir pada tahun 2019 pada acara showcase penggunaan 5G untuk industri yang dilangsungkan di Batam.

Nah setelah seluruh rangkaian uji coba kelayakan atau ULO ini sudah diselesaikan oleh pihak Telkomsel serta dinyatakan lulus barulah layanan ini bisa dijual kepada masyarakat.

- Advertisement -

Latest News

Facebook Temukan Cara Identifikasi Konten Deepfake

Technologue.id, Jakarta - Facebook sukses menemukan cara untuk mengidentifikasi deepfake. Ini dilakukan dengan menggunkan software artificial intelligence (AI). Dilansir...

Peneliti Temukan Malware Baik Hati

Technologue.id, Jakarta - Laporan terbaru dari BleepingComputer dan SophosLab menyebut ada malware unik ditemukan. Berbeda dari malware kebanyakan, malware...

Vivo V21 Siap Rilis di Indonesia, Unggulkan Kamera Selfie 44MP

Technologue.id, Jakarta - Vivo V21 segera melantai di Indonesia. Peluncuran produk terbaru V-Series tersebut akan berlangsung pada tanggal 22 Juni 2021 mendatang.

Viral Gajah Dipaksa Kerja Tarik Kayu, Netizen: Dzalim!

Technologue.id, Jakarta - Video gajah yang bekerja keras menarik potongan kayu viral di media sosial. Video tersebut diunggah dibanyak akun, salah satunya...

Nokia Ramai Dibahas Netizen Twitter

Technologue.id, Jakarta - Nokia mendadak ramai dibicarakan oleh para netizen Twitter . Hal ini lantaran tersebarnya meme berbunyi "Apa merk hp lo...

Related Stories