Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Telkomsel Rampungkan Upgrade Jaringan 4G LTE di Seluruh Indonesia
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Telkomsel menuntaskan proses peningkatan/pengalihan (upgrade) seluruh layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten wilayah populasi Indonesia.

Proses yang dimulai pada Maret 2022 lalu, secara bertahap dan terukur telah dirampungkan pada Juni 2023 dengan mengalihkan teknologi jaringan 3G pada lebih dari 49 ribu BTS ke 4G/LTE. Kini lebih dari 96 persen wilayah populasi di Indonesia sudah terlayani jaringan 4G/LTE Telkomsel.

Seiring upgrade jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten, Telkomsel mencatatkan adanya peningkatan jumlah pelanggan yang menggunakan uSIM 4G sebesar 84 persen (YoY), yang diikuti dengan pertumbuhan trafik payload 4G sebesar 14 persen (YoY).

Baca Juga:
Andalkan 5G, Telkomsel Uji Coba Inovasi Robotic Telesurgery Pertama di Indonesia

Selain itu, Telkomsel juga mencatatkan adanya persentase peningkatan jumlah device yang bermigrasi ke device 4G, yakni sebanyak 51 persen (YoY).

Seluruh peningkatan tersebut tak terlepas dari rangkaian inisiatif Telkomsel dalam menghadirkan kemudahan bagi seluruh pelanggan yang ingin menukarkan atau mengganti kartu non-4G ke uSIM 4G melalui sejumlah kanal layanan pelanggan, serta memberikan beragam penawaran program dan produk menarik, mulai dari promo tambahan kuota data 4G/LTE hingga program bundling smartphone 4G yang lebih terjangkau.

Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengatakan bahwa sejak tahap awal peningkatan jaringan 3G ke 4G/LTE hingga telah dirampungkannya di bulan ini, Telkomsel senantiasa memprioritaskan kenyamanan pengalaman aktivitas digital seluruh pelanggan selama rangkaian proses berlangsung.

"Seluruh proses peningkatan/pengalihan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten yang Telkomsel lakukan berjalan dengan lancar, tanpa kendala yang berarti. Telkomsel optimis, melalui upaya peningkatan layanan jaringan tersebut akan semakin meningkatkan pengalaman gaya hidup digital masyarakat, sehingga dapat membuka berbagai potensi kemajuan di berbagai aspek kehidupan," tutur Nugroho.

Baca Juga:
Ultah Ke-28, Telkomsel Terus Perkuat Inklusi Ekosistem Digital

Keberhasilan Telkomsel dalam melakukan seluruh proses peningkatan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten didukung oleh komitmen perusahaan, mulai dari tahap awal pengkajian, perencanaan dan persiapan yang matang, hingga kelancaran pelaksanaan proses yang telah dilakukan.

Seluruh upaya tersebut mencakup dari kesiapan infrastruktur dan teknologi, jaminan kenyamanan pelanggan selama proses upgrade berlangsung, penguatan ekosistem layanan yang mendukung, hingga kesesuaian dengan perundangan di sektor telekomunikasi dan perlindungan konsumen yang berlaku di Indonesia.

Sementara itu, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo RI, Wayan Toni Supriyanto menyampaikan apresiasi terhadap keberhasilan Telkomsel menuntaskan peningkatan seluruh layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten wilayah populasi Indonesia.

"Komitmen Telkomsel yang sejalan dengan program pemerintah untuk percepatan transformasi digital diharapkan dapat memberikan pengalaman internet yang lebih cepat, stabil, dan andal bagi seluruh masyarakat, sekaligus mendukung pertumbuhan inklusi ekonomi digital Indonesia," ujarnya.

SHARE:

Itel Luncurkan Tablet Terbaru VistaTab 30, Ini Spesifikasi dan Harganya

NASA Dituntut Gara-gara Sampah Antariksa Jatuh ke Rumah Warga