Technologue.id, Jakarta – Kemampuan kamera depan Huawei Nova 3 dan Nova 3i sedang menjadi sorotan setelah iklan video versi Mesir muncul ke publik. Bukan karena kekuatan kamera AI (kecerdasan buatan), tapi karena ternyata kru memakai kamera Digital Single Lens Reflex (DSLR) untuk pengambilan foto selfie, bukan menggunakan kamera depan Nova 3 atau 3i itu sendiri.

Sejatinya, tidak ada yang aneh dari konten iklan video dengan durasi 30 detik tersebut. Alurnya menceritakan keseharian sepasang pengguna mulai dari set kolam renang, di taman, hingga foto malam hari. Seluruh scene menonjolkan kemampuan kamera depan bertenaga AI yang bisa mendeteksi skenario foto yang menjadi kebiasaan orang.

Posting-an gambar di akun Instagram Sarah Elshamy saat pengambilan gambar iklan video Huawei Nova 3i (Source: GSMarena.com)

Baca juga:

Huawei dan Honor Kebut Performa Grafis Pakai GPU Turbo, Apa Hebatnya?

Namun blunder justru dilakukan oleh aktris yang ditampilkan dalam iklan, Sarah Elshamy. Ia meng-upload dan share suasana set saat pengambilan video ke akun Instagram pribadinya. Seperti yang kita lihat, scene pengambilan selfie tidak menggunakan Huawei Nova 3 atau Nova 3i. Melainkan, kamera DSLR yang dipegang oleh fotografer profesional. Aktor laki-laki sengaja mengulurkan tangannya untuk menciptakan ilusi seolah-olah dia sedang memegang smartphone.

Screenshot iklan video Huawei Nova 3i (Source: GSMarena.com)

Setelah sadar postingannya mengundang perhatian, Elshamy segera menghapus konten tersebut dari akun Instagram-nya.

Baca juga:

Ini Penampakan Honor 10, Pesaing iPhone X yang Harganya Rp7 Juta Saja

Ini bukan pertama kali Huawei diduga memakai kamera DSLR untuk kepentingan pengambilan foto. Sebelumnya, perusahaan mengandalkan DSLR untuk memalsukan ‘sampel kamera’ dari seri P9, sesuai yang diberitakan oleh AndroidPolice.com (20/08/2018).

Huawei nampaknya mesti melihat pengalaman nyata dari setiap iklan video yang digarap oleh Apple. Seluruh iklan yang menonjolkan sisi kamera iPhone pasti diambil langsung menggunakan iPhone-nya sendiri.

Sebagai informasi, Huawei menghadirkan Nova 3i di pasar Indonesia akhir bulan Juli lalu. Huawei Nova 3i datang dengan resolusi kamera ganda depan dan belakang lebih baik dari pendahulunya. Dual kamera pada bagian depan mengusung resolusi 24MP dan 2MP, sementara kamera ganda belakang dibekali lensa 16MP dan 2MP. Seperti fungsi kamera ganda pada umumnya, satu kamera untuk mendapat foto secara jelas dan satunya lagi untuk efek blur alias mengabur.

Baca juga:

Kapalkan 54 Juta Smartphone di Q2 2018, Huawei Singkirkan Apple

Teknologi kamera Huawei Nova 3i sudah dipercanggih dengan kecerdasan buatan (AI). Sistem AI Nova 3i bisa diambil dengan lebih dari dukungan 200 skenario termasuk orang, tempat dan sejumlah barang. Ini membantu kamera mengidentifikasi dan tetap fokus pada subjek gambar sehingga bisa mengasilkan foto profesional.

Dengan keunggulannya ini, Nova 3i dipasarkan dengan harga Rp4.199.000 dan opsi warna Black dan Iris Purple.