Technologue.id, Jakarta – Zilingo sukses mengumpulkan US$ 226 juta dalam putaran pendanaan Seri D dari Sequoia Capital, Temasek, Burda Principal Investments, Sofina, investment fund dari Singapura – EDBI dan investor yang sudah ada. Dengan suntikan tahap ini, total pendanaan yang berhasil dihimpun oleh Zilingo menjadi US$ 308 juta.

Marketplace di sektor fesyen ini akan menggunakan dana yang ada untuk berinvestasi dalam infrastruktur dan teknologi yang dibutuhkan untuk mengintegrasikan dan mendigitalkan rantai pasokan fesyen dan kecantikan. Zilingo berencana untuk melakukan ekspansi di beberapa pasar utama seperti Filipina, Indonesia serta Australia pada tahun 2019.

“Kami sangat bersyukur atas dukungan berkelanjutan dari para investor kami maupun para investor baru yang memiliki visi dan ambisi yang sama untuk membangun perusahaan fesyen terdepan,” ujar Ankiti Bose, CEO Zilingo.

Baca Juga:
Bertabur Promo, Transaksi E-commerce Melambung Saat Imlek

- Advertisement -

Zilingo mengawali langkahnya sebagai marketplace fesyen dan gaya hidup pada tahun 2015 oleh Ankiti Bose dan Dhruv Kapoor. Perusahaan ini mengembangkan sistem milik sendiri bagi para penjual fesyen untuk dapat terhubung dengan produsen di seluruh Asia, mendapatkan tarif pengadaan (procurement) terbaik, mendapatkan layanan logistik yang dioptimalkan, layanan keuangan, asuransi, pinjaman serta analitik.

Pada tahun 2018, Zilingo melihat pertumbuhan pendapatan secara eksponensial setelah berinvestasi dalam pembangunan kapabilitas B2B dan kemampuan rantai pasokannya dan
menghadirkannya lewat platform Zilingo AsiaMall dan Z-Seller. Saat sebagian besar perusahaan e-commerce lainnya tetap fokus pada transaksi B2C dan C2C, pendekatan yang dilakukan oleh Zilingo termasuk unik dan terpusat untuk menciptakan nilai tambah bagi para penjual fesyen.

Baca Juga:
Antisipasi Fraud, E-commerce Ini Ancam Sanksi Berat Terhadap Seller

Zilingo berencana untuk menginvestasikan modal untuk membangun seluruh rantai pasokan dan ekspansi ke pasar baru dalam jangka panjang.

“Investasi Sequoia di Zilingo sudah ada bahkan sebelum perusahaan terinkorporasi dan nama perusahaan Zilingo difinalisasi. Ankiti beserta timnya mengubah ide orisinal mereka tentang Zilingo menjadi sebuah platform yang melayani para konsumen, penjual, retailer, brand, dan produsen di bidang fesyen secara menyeluruh yang mewakili pasar bernilai ratusan miliar dolar. Kami takjub akan kemampuan tim Zilingo untuk menciptakan visi dan mengeksekusi peta jalan (roadmap) yang ambisius dan kami turut bersemangat untuk mendukung perjalanan Zilingo ke depannya,” ujar Shailendra Singh, Managing Director Sequoia Capital (India) Singapura.

Zilingo berkomitmen untuk mempercepat pertumbuhan dengan bekerja sama secara erat dengan para mitra dagangnya untuk memanfaatkan teknologi milik Zilingo dan membuka
potensi global yang sangat besar serta peluang bagi penjual dan konsumen di kategori fesyen dan kecantikan.