Ternyata Ini 3 Smartphone Terlaris di Indonesia

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Standar kemampuan masyarakat Indonesia untuk membeli smartphone tampaknya masih belum berubah. Berdasarkan analisis penjualan ponsel pintar dari International Data Corporation (IDC) di Tanah Air pada kuartal ketiga 2016, segmen ponsel pintar seharga Rp 1,3 sampai Rp 2,7 juta alias entry level masih menjadi yang terlaris. Produk di rentang harga itu biasanya dijejali spesifikasi semacam RAM 2GB dan ROM 16GB.

Terlepas dari itu, smartphone di segmen harga Rp 3 sampai 4 jutaan ternyata juga tumbuh secara signifikan di sini. Menurut IDC dalam rilis persnya (16/12/16), adalah Oppo F1s dan Samsung Galaxy J7 yang jadi pemicu utamanya. Di samping keduanya, kata Reza Haryo, analis pasar senior IDC, Asus Zenfone Selfe juga menjadi produk terpopuler di sini.

Menariknya, tiga ponsel itu punya satu kesamaan, yakni 5,5 inci. Reza pun mengaitkan moncernya penjualan ketiga handset tersebut dengan pola penggunaan gadget di Indonesia.

“Masyarakat Indonesia menggunakan smartphone untuk kebutuhan hiburan, seperti media sosial, streaming video, bermain game, dan browsing. Maka dari itu, permintaan pasar terhadap ponsel berlayar luas pun tinggi, sehingga pangsa pasar phablet naik dari hanya 11 persen pada Q3 2015 ke 16 persen di Q3 2016,” ungkap Reza.

Sampai di kuartal ketiga 2016 ini, Samsung masih menjadi penguasa dengan pangsa pasar 32,2 persen. Taipan Negeri Ginseng itu dibayang-bayangi oleh Oppo dan Asus.

 

Baca juga:

Spesifikasi Galaxy J2 Prime, HP Paling Diburu Selama Harbolnas 2016

Zenfone Baru Meluncur di Indonesia, Pakai RAM dan Storage Luas

Huawei P9 Resmi Meluncur di Indonesia, Harganya?

- Advertisement -

Latest News

Related Stories