Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Tiga Fitur Baru di Tokopedia Permudah Belanja Online
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Raksasa e-commerce Tokopedia meluncurkan berbagai fitur baru untuk memudahkan pengalaman belanja online bagi masyarakat Indonesia. Kehadiran fitur tersebut diantaranya Augmented Reality (AR), Keyboard Tokopedia, dan Bagikan Alamat.

Fitur AR merupakan salah satu inovasi teknologi yang ditunggu-tunggu oleh konsumen Tokopedia. Melalui fitur AR di Tokopedia, masyarakat dapat mencoba berbagai produk makeup, seperti lipstik, foundation dan lain-lain, secara virtual sebelum membeli.

"Dengan adanya teknologi Augmented Reality ini, sebelum membeli barang-barang kecantikan, pembeli dapat mencocokkan terlebih dahulu apakah warna dari lipstik dan produk kecantikan tersebut sesuai atau tidak dengan kebutuhan pembeli," ujar Azzahra Rahmani Ali, Category Strategic Partnership Senior Lead Tokopedia, saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (24/5/2023).

Baca Juga:
Ramadan Selesai, Tokopedia Ungkap Tren Peningkatan Belanja Online Konsumen

Untuk mencoba fitur AR Tokopedia, pengguna cukup ketik dan klik 'Virtual Try On' pada kolom pencarian di halaman utama aplikasi Tokopedia. Pada halaman tersebut, mereka bisa mencoba berbagai produk dengan AR bertulisan 'Cobain barangnya, yuk!'.

Azzahra menerangkan, masyarakat juga bisa memilih hingga 4 varian warna produk secara bersamaan sehingga bisa membandingkannya secara lebih praktis.

Fitur AR ini dapat dinikmati pengguna Android dan iOS dengan aplikasi Tokopedia versi terbaru.

Selain AR, Tokopedia juga memiliki fitur Keyboard Tokopedia. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membagikan barang yang ada di wishlist Tokopedia mereka ke teman atau kerabat dengan lebih mudah. Namun saat ini, Keyboard Tokopedia hanya bisa dinikmati oleh pengguna iOS.

Untuk mengaktifkan fitur Keyboard Tokopedia, pengguna bisa klik Settings (Pengaturan) di perangkat iOS dengan aplikasi Tokopedia versi 2.217 atau yang lebih baru, kemudian pilih Tokopedia. Selanjutnya, klik menu 'Keyboards' dan aktifkan toggle Tokopedia, serta Allow Full Access. Pengguna lalu hanya perlu ke aplikasi chat apa pun dan klik serta tahan ikon bulat, dan klik Tokopedia.

Baca Juga:
Penjelasan Tokopedia Setelah Naikkan Biaya Jasa Aplikasi

Fitur ketiga yang dihadirkan, yaitu fitur Bagikan Alamat. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengirimkan hampers, hadiah atau berbagai produk lainnya kepada teman atau kerabat dengan lebih mudah, tanpa perlu ketik alamat penerima secara manual.

Untuk meminta alamat dari teman atau kerabat yang ingin dikirimi hadiah, pengguna bisa masuk ke aplikasi Tokopedia lalu klik ikon tiga garis horizontal di pojok kanan atas halaman utama. Kemudian klik ikon Settings dan pilih 'Daftar Alamat'. Pilih tab 'Dari Teman', lalu klik 'Minta alamat ke teman kamu'. Setelah itu, pengguna dapat memasukkan email atau nomor handphone teman yang ingin dikirimkan permintaan alamat, lalu klik 'Minta Alamat'.

Bagi pengguna yang menerima permintaan alamat, buka aplikasi Tokopedia dan klik ikon lonceng di halaman utama Tokopedia, lalu klik notifikasi permintaan alamat, misalnya 'Toppers meminta alamat kamu!' dan pilih alamat untuk dibagikan, kemudian klik 'Bagikan Alamat'.

Baca Juga:
Kategori Terlaris yang Diburu Selama Ramadan 2023 di Tokopedia

Pengguna juga dapat mengirimkan alamat yang terdaftar di aplikasi Tokopedia mereka secara langsung kepada teman atau kerabat (sesama pengguna Tokopedia lainnya) lewat fitur Bagikan Alamat. Caranya, klik ikon tiga garis horizontal di pojok kanan atas halaman utama, kemudian klik ikon Settings dan pilih 'Daftar Alamat'. Klik ikon Share pada alamat yang ingin dikirim, lalu masukkan email atau nomor handphone teman atau kerabat yang ingin dikirimkan alamat tersebut.

Di sisi lain, bagi pengguna yang sudah dikirimi alamat dari teman atau kerabat lewat fitur Bagikan Alamat di Tokopedia, mereka hanya perlu klik ikon notifikasi lonceng pada halaman utama Tokopedia. Kemudian, klik notifikasi yang memberi tahu bahwa teman atau kerabat telah mengirimkan alamat, misalnya 'Toppers mengirimkan alamat!'.

Selanjutnya, pengguna bisa pilih alamat tersebut dan klik 'Simpan' dan setelah itu alamat akan tersimpan secara otomatis di Daftar Alamat.

Azzahra menjelaskan, "Fitur Keyboard Tokopedia dan Bagikan Alamat berlaku untuk seluruh kategori produk yang ada di Tokopedia, mulai dari kecantikan dan perawatan diri, makanan dan minuman, elektronik, gadget dan beragam kategori produk lainnya."

SHARE:

Aplikasi MyWuling+ Bantu Pengguna BinguoEV Temukan Banyak Informasi Tentang Mobil Listriknya

Upbit Berharap Pengembangan Teknologi dan Investasi di Industri Blockchain Difasilitasi Pemerintah