Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Ramadan Selesai, Tokopedia Ungkap Tren Peningkatan Belanja Online Konsumen
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Tokopedia sukses menjaga performa bisnisnya yang signifikan selama Ramadan 2023. Beberapa kategori produk menjadi buruan konsumen selama kurun sebulan berpuasa hingga hari kemenangan tiba.

"Perlengkapan Rumah Tangga, Makanan dan Minuman, serta Fesyen menjadi beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia selama Ramadan hingga Lebaran 2023. Temuan ini sejalan dengan kondisi dimana masyarakat kini bisa kembali menjalin tali silaturahmi dengan keluarga dan kerabat secara langsung," kata Ekhel Chandra Wijaya, Head of Corporate Affairs Tokopedia, saat konferensi pers di Tokopedia Tower Jakarta, Selasa (9/5/2023).

Ekhel menuturkan, layanan groceries online Tokopedia NOW! juga menjadi andalan konsumen berbelanja kebutuhan harian, yang membutuhkan barang cepat sampai.

"Layanan ini mempermudah masyarakat–untuk belanja kebutuhan harian, termasuk bahan segar untuk masakan sahur maupun buka puasa–dalam waktu maksimal 2 jam setelah pembayaran dan bebas ongkir," jelasnya.

Beras, mie instan dan daun bawang tercatat sebagai produk terlaris di Tokopedia NOW! sepanjang Ramadan hingga Lebaran 2023.

Baca Juga:
Kategori Terlaris yang Diburu Selama Ramadan 2023 di Tokopedia

Di kategori Fesyen, data internal Tokopedia menunjukkan bahwa kaos, sepatu serta kerudung menjadi sejumlah produk yang paling banyak dibeli masyarakat pada Ramadhan hingga Lebaran tahun ini.

Di sisi lain, masyarakat masih mengandalkan kanal online untuk membeli makanan atau minuman. Pada kampanye Tokopedia NYAM!, platform marketplace itu mencatat kurma, madu dan parsel makanan menjadi produk yang banyak dibeli masyarakat pada Ramadan-Lebaran 2023.

Sementara itu, jarak bukan jadi halangan dalam memenuhi pengiriman pesanan. Ekhel menyebut, Papua menjadi kota terjauh untuk tujuan pengiriman pesanan.

"Jarak terjauh untuk pengiriman parsel melalui Tokopedia pada periode Ramadan-Lebaran 2023 ini adalah dari Jakarta ke Jayapura (lebih dari 3.500 km). Keberhasilan atau kelancaran pengiriman tersebut dan seluruh pengiriman lainnya, pada peak season seperti Ramadan dan Lebaran, terjadi berkat kolaborasi Tokopedia bersama lebih dari 14 mitra logistik terhubung," tandasnya.

Tokopedia juga mempermudah masyarakat melakukan mudik dengan menyediakan berbagai pilihan tiket transportasi umum, salah satunya pesawat. Tokopedia mencatat tiket tujuan pesawat yang paling banyakterjual selama Ramadhan 2023, yaitu ke Sidoarjo.

Sepanjang Ramadhan hingga Lebaran 2023, Tokopedia bersama pelaku usaha juga terus menghadirkan berbagai tayangan interaktif live shopping melalui kanal video streaming Tokopedia PLAY. "Jam ngabuburit merupakan waktu yang paling banyak digunakan masyarakat untuk menikmati tayangan Tokopedia PLAY," tambah Ekhel.

Tokopedia bersama lembaga kemanusiaan terpercaya dan terverifikasi juga mempermudah masyarakat menjalankan ibadah, termasuk berzakat, secara online. “Selama Ramadhan hingga Lebaran 2023, lebih dari Rp5M zakat terkumpul di Tokopedia,” tutur Ekhel.

Baca Juga:
Tokopedia Dorong UMKM Perempuan Peroleh NIB

Tokopedia menghadirkan berbagai inisiatif untuk mendorong pelaku usaha agar mereka bisa memaksimalkan penjualan. Salah satunya adalah inisiatif Hyperlocal.

Hyperlocal Tokopedia menerapkan teknologi geo-tagging untuk mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun mereka berada. Inisiatif ini terdiri dari berbagai manifestasi, seperti Kumpulan Toko Pilihan (KTP) dan layanan pemenuhan Dilayani Tokopedia.

"Data internal Tokopedia menunjukkan lebih dari 40% pesanan Dilayani Tokopedia selama Ramadan 2023 dikirim menggunakan layanan pengiriman instan,” ungkap Ekhel.

Selain inisiatif Hyperlocal, Tokopedia juga menghadirkan Ramadan in Style, yaitu kampanye khusus bagi pelaku usaha lokal perlengkapan ibadah dan fesyen muslim untuk perempuan maupun laki-laki. Salah satu contoh UMKM lokal yang bergabung di Tokopedia Ramadan in Style dan mendapatkan berbagai pencapaian adalah Universa Sajadah.

Selain itu, ada juga kampanye Tokopedia NYAM! yang khusus menggandeng pelaku usaha dari berbagai daerah di Indonesia untuk menyediakan produk makanan dan minuman. Bruule merupakan UMKM yang berpartisipasi dalam kampanye ini dan mencatat berbagai manfaat, khususnya saat Ramadhan hingga Lebaran 2023.

SHARE:

Biaya Rencana Pengembangan AI Meta Diprediksi Capai hingga Rp648 Triliun

Rumor Nintendo Switch 2 Memiliki Fitur Joy-Con Magnetik