Technologue.id, Jawa Barat – Fotografi smartphone adalah hal yang sudah umum sekarang. Itu karena perkembangan teknologi sensor kamera yang ada di smartphone sudah mencapai kualitas yang memadai.

Lihat saja semua orang kini memiliki smartphone di genggaman mereka. Selain karena dukungan hardware sensor kamera yang semakin bagus di smartphone saat ini, software yang mendukungnya juga sudah sangat mumpuni.

Benny Lim, Professional Photographer, mengatakan bahwa fotografi smartphone bisa dilakukan siapa saja. Asal memerhatikan tiga hal dasar.

Pertama, Compotision. Komposisi di bidang fotografi memiliki beberapa elemen antara lain garis, shape, form, texture, color, dan space.

- Advertisement -

Komposisi merupakan kesatuan yang harmonis dari elemen-elemen pendukung foto dengan meletakkan komposisi tepat pada tempatnya sehingga pas dan enak untuk dilihat.

Yang kedua, perhatikan Rule of third atau gaya penempatan point of interest.

Rule of third atau Grid merupakan garis bantu untuk membagai frame foto menjadi sembilan bagian yang sama besar, dengan menarik dua garis sejajar pada horizon dan dua garis sejajar pada vertikal.

Garis-garis ini adalah garis bantu yang akan memposisikan objek atau garis horizon hingga gambar yang dihasilkan menjadi lebih proporsional dan lebih menarik.

“Ini penting sekali. Apalagi sekarang ponsel kita sudah ada namanya Grid. Kalau Grid kita aktifkan, akan muncul garis-garis. Bila kita tempatkan objek di titik-titik tertenty akan jauh lebih menarik. Jadi, jangan di pinggir atau terlalu ke atas,” ungkap Benny, ditemui saat media workshop Samsung Galaxy A7, di Bogor, Jawa Barat, Senin (29/10/2018).

Dan yang ketiga, Point of Interest (POI). Dalam istilah fotografi, POI adalah fokus/titik utama dalam sebuah foto di mana titik tersebut yang menjad inti cerita dari fotonya.

Ketika kita melihat karya foto, pertama kali mata berhenti di salah satu titik atau pertama kali mata tertuju, berhenti, baru kemudian menjelajah seisi area foto, titik itulah yang disebut POI.

“Point of Interest juga penting bagai fotografi. Ini membuat orang interest dengan foto tersebut,” tuturnya.

Di atas tadi adalah tiga tips dasar untuk melakukan fotografi smartphone.

Tips ini berlaku untuk hampir semua smartphone yang ada saat ini. Dengan penggunaan yang baik, maka fotografi smartphone dapat menjadi setara dengan apa yang bisa dilakukan oleh dengan kamera yang DSLR maupun Mirorless, bahkan dengan lebih simpel dan cepat.