Technologue.idAppsTikTok Salip Facebook Jadi Aplikasi Paling Banyak di-Download 2021

TikTok Salip Facebook Jadi Aplikasi Paling Banyak di-Download 2021

Technologue.id, Jakarta – TikTok menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh di seluruh dunia sepanjang tahun 2021, berdasarkan laporan terbaru dari Sensor Tower. Pencapaian TikTok ini merebut posisi Facebook dan aplikasi turunannya yang pernah menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh di seluruh dunia.

Menurut Sensor Tower, fenomena aplikasi video pendek membuat TikTok memanen unduhan paling tinggi sejak tahun lalu sampai saat ini. Awal tahun ini, media sosial besutan ByteDance itu menjadi aplikasi non-Facebook pertama yang mencapai tiga miliar unduhan.

Naiknya posisi TikTok ke peringkat pertama didorong oleh pandemi COVID-19 di mana aplikasi buatan ByteDance ini menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh di pasar Eropa, Amerika Selatan dan Amerika Serikat.

Baca Juga:
TikTok Geser Google Jadi Website Terpopuler Dunia 2021

“Total durasi nonton TikTok di Amerika Serikat dan Inggris lebih panjang dari YouTube dan video pendek akan terus menarik perhatian,” tulis Sensor Tower.

“Dari segi konten, musik dan komedi menjadi lebih populer,” sambungnya.

Pertumbuhan TikTok di pasar global terbilang cukup pesat, mengingat aplikasi ini baru diluncurkan oleh ByteDance secara internasional pada tahun 2017.

TikTok hadir dengan nama Douyin di negara asalnya, China. Douyin berhasil mempertahankan posisinya sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh di China, mengalahkan WeChat dan QQ.

Bulan lalu, Tiktok menyediakan fitur unggahan video berdurasi hingga lima menit dari batas sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk tetap mengungguli pesaing.

Baca Juga:
Tren di TikTok Sepanjang Tahun 2021

Sementara itu, masih dalam laporan yang sama, Facebook tetap berada di peringkat dua, diikuti oleh Instagram di posisi ketiga.

Sementara itu, WhatsApp tetap berada di posisi ketiga meski sempat dilanda kontroversi akibat kebijakan privasi terbarunya. Facebook Messenger bertengger di peringkat kelima. Kemudian, Telegram yang merupakan pesaing ketat WhatsApp justru berada di peringkat enam.

- Advertisement -