Tim Keamanan Siber India Temukan Kerentanan di WhatsApp Versi iOS

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Masyarakat harap lebih waspada dalam menggunakan aplikasi perpesanan WhatsApp versi iOS. Pasalnya, tim keamanan siber menemukan adanya celah dalam aplikasi tersebut.

Adalah Computer Emergency Response Team (CERT-In), selaku penemu mengatakan kerentanan yang terjadi di WhatsApp versi iOS terletak di logging library, dilansir dari The Hindu pada Senin (16/11/2020).

Baca Juga:

Bug di WhatsApp Bisa Hapus Chat


Lewat celah ini, para penjahat siber dapat memanfaatkannya untuk mengirimkan stiker animasi khusus kepada calon korban yang dapat mengakibatkan kerusakan ponsel.

Kerentanan pada WhatsApp versi iOS semakin diperparah karena para peretas dapat memanfaatkannya meski dalam keadaan ponsel terkunci. CERT-In menyebut ini bisa terjadi berkat bantuan asisten pintar Siri.

Dikatakan bahwa ketika ponsel terkunci, para penjahat siber ini akan berkomunikasi dan berinteraksi dengan ponsel lewat fitur ini. Menjadikannya begitu berbahaya jika celah ini tidak diperbaiki.

Baca Juga:

WhatsApp Gulirkan Fitur Storage Management, Bikin Hemat Memori Ponsel


Untuk diketahui, celah keamanan di WhatsApp sendiri sebenarnya bukanlah pertama kali ditemui. Sebelumnya pada bulan September juga pernah ada kerentanan serupa.

Temuan ini diungkap sebuah badan keamanan siber India. Saat itu juga telah dikeluarkan peringatan terhadap gangguan keamanan di WhatsApp di beberapa perangkat termasuk Android, iPhone, dan versi desktop.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories