Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Tingkatkan Efisiensi Daya, Samsung Bikin Chip Ponsel 2nm di 2025
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Samsung Foundry mengungkap peta jalan proses chip semikonduktor. Selama pameran Samsung Foundry Forum (SFF) 2024 yang berlangsung di AS, raksasa chip semikonduktor asal Korea Selatan ini meluncurkan roadmap untuk chip 2nm dan 3nm serta rencana untuk node khusus untuk AI dan chip otomotif.

Dikutip dari Sammobile, Samsung Foundry berencana membuat chip 2nm pada 2025 dan chip 1,4nm pada 2027. Di ajang pameran tahunan SFF 2024 di kantor pusat Device Solutions America di San Jose, California, perusahaan juga mengumumkan peta jalan untuk dua node mutakhir baru, SF2Z dan SF4U.

Perusahaan mengungkapkan bahwa mereka siap untuk mulai memproduksi chip 2nm secara massal untuk perangkat seluler pada 2025. Proses 2nm generasi pertamanya, yang disebut SF2, akan siap tahun depan, dan versi perbaikan dari proses 2nmnya, yang disebut SF2P, akan siap pada 2026.

Baca Juga:
Pilihan Warna Samsung Galaxy Z Fold 6 dan Flip 6 Terungkap

Versi khusus dari node 2nmnya, SF2X, dirancang untuk chip Artificial Intelligence (AI) dan High-Performance Computing (HPC dan server) dan akan siap pada 2026.

Node proses 2nm generasi keempat milik perusahaan, SF2Z, menggunakan teknologi advanced backside power delivery network (BSPDN) untuk efisiensi daya dan suhu yang lebih baik. Teknologi itu menggunakan rel listrik di bagian belakang wafer untuk menghilangkan kemacetan antara saluran listrik dan sinyal. Ini akan siap untuk produksi massal pada 2027.

Prev Next Page 1 of 2
SHARE:

Cegah Serangan Ransomware, Ini yang Perlu Diperhatikan Pemerintah

Berkali-kali Diserang Hacker, Apakah Pemerintah Akan Lebih Aware?