Tingkatkan Kesadaran dan Lindungi Ekosistem Kepulauan Kuril, Kaspersky Rilis Film Dokumenter ‘From Kurils With Love’

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – From Kurils With Love telah diluncurkan di Tomorrow Unlocked untuk membawa audiens online dalam ekspedisi ke salah satu tempat yang paling jarang dikunjungi di planet ini: Kepulauan Kuril.

Film dokumenter ini mengikuti tim petualang terkenal saat mereka belajar tentang peran data dan teknologi dalam konservasi. Penayangan perdana online ini mendukung inisiatif penggalangan dana yang bertujuan untuk pengumpulan data lebih lanjut di Kepulauan Kuril demi membantu mewujudkan rencana konservasi jangka panjang, dan sebagai bentuk upaya melindungi ekosistem yang indah namun rapuh. Film ini berpusat pada maha karya Vladimir Burkanov – ilmuwan kelautan Rusia dan pelindung Kuril, yang telah mempelajari mamalia laut di wilayah tersebut selama lebih dari 30 tahun.

Kepulauan vulkanik Kuril merupakan salah satu tempat paling terpencil dan tidak dapat diakses di dunia. Rantai pulau itu terletak di antara Rusia dan Jepang dan beberapa pulau masih belum terlindungi. Pada Juli 2019, Eugene Kaspersky berpartisipasi dalam ekspedisi untuk membantu menyebarkan kesadaran akan tempat ajaib ini. Persiapan ekspedisi dimulai pada tahun 2017 ketika, bersama dengan pembuat film ekspedisi terkenal Renan Ozturk, produser Povel Torudd mulai membentuk tim ekspedisi yang terdiri dari pecinta lingkungan, pembuat film, dan fotografer. Tim tersebut, termasuk sutradara dan co-produser Taylor Rees, fotografer Chris Burkard, Ted Hesser dan Ryan Hill, serta komunikator sains Jeff Kerby dan Rishi Sugla, berlayar dalam ekspedisi 12 hari melintasi Kepulauan Kuril dengan penyewaan kapal oleh Eugene Kaspersky. Para tim berjalan dengan harapan tinggi untuk merekam kisah petualangan lingkungan yang menarik dan memiliki dampak yang bermanfaat. Pada menit terakhir, seorang dalam kelompok tersebut, Ahli biologi Kelautan Dr. Vladimir Burkanov, bertanya apakah dia bisa mencari tumpangan. Mereka tidak mengetahuinya pada saat itu, tetapi pertemuan kebetulan ini akan berdampak besar, tidak hanya pada ekspedisi, tetapi juga narasi film yang berkembang.

Dengan lebih dari 20 kamera high-end dan drone yang hampir sama banyaknya untuk merekam cuplikan sinematik, proyek akhir menyajikan kisah yang sebelumnya tidak banyak diketahui tentang ekosistem unik dan terancam puna inih, dan dedikasi luar biasa dari seorang pria yang telah mengabdikan hidup untuk melindunginya. Film tersebut kini tersedia untuk dilihat di Tomorrow Unlocked- majalah online untuk budaya teknologi yang diciptakan oleh Kaspersky.

From Kurils With Love memiliki fokus teknologi yang kuat, mengeksplorasi penggunaan kamera selang waktu, dan berbagai peralatan pemantauan yang memungkinkan para ilmuwan mengukur kesehatan populasi Steller Sea Lion dan Northern Fur Seal yang menurun sekitar 80% setelah beberapa decade terlewati. Di bawah bimbingan Burkanov, anggota ekspedisi belajar tentang ekosistem Kepulauan Kuril, iklimnya, dan perannya sebagai salah satu tempat liar terakhir di seluruh lingkar Pasifik. Alhasil, para kru terinspirasi untuk membentuk kembali upaya mereka dalam membantu menyadarkan, dan melindungi kawasan tersebut. From Kurils With Love juga menangkap cuplikan unik dari lokasi letusan gunung berapi Raykoke 2019 yang berdampak signifikan terhadap populasi Steller Sea Lion di pulau tersebut. Kru ekspedisi adalah tim media pertama yang mencapai pulau itu setelah letusan dahsyat beberapa minggu sebelumnya memusnahkan bentuk kehidupan paling nyata yang pernah ada.

“Sejak saya terlibat dalam proyek ini, kami tahu kami ingin menjadikannya sebagai kisah petualangan yang didorong oleh tujuan edukasi dengan dampak bermanfaat. Selain menggunakan rekaman sinematik kelas dunia untuk melibatkan audiens, ini juga berarti kami membutuhkan sudut pandang sains yang kredibel. Saya tidak pernah membayangkan bahwa kami akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Dr. Vladimir Burkanov, salah satu pahlawan super konservasi sejati di Bumi, dalam perjalanan pribadi melintasi Kuril; sebuah perjalanan yang akhirnya menjadikannya karakter dan cerita utama dalam film dokumenter ‘From Kurils With Love’,” kata Taylor Rees, sutradara dokumenter.

“Kami membawa pertunjukkan kelengkapan kamera untuk dapat menangkap keindahan Kepulauan Kuril dan membuka mata bagi yang melihat bagaimana teknologi serupa memainkan peran penting dalam karya ilmiah yang dilakukan oleh Dr. Burkanov dalam memantau populasi mamalia di wilayah tersebut,” tambah Renan Ozturk, direktur fotografi dan co-sutradara.

Audiens akan melihat hasil dari ekspedisi selama dua minggu ke depan, yang menghasilkan film dokumenter utama dan dua film pendek pendukung di balik layar (behind the scenes). Film dokumenter From Kurils With Love menyajikan sebuah kisah sains tentang manusia dan mitos Kepulauan Kuril, dan menampilkan keindahan rantai yang unik dan rapuh, serta masalah ekologis kritis yang dihadapi wilayah tersebut. Film pendek di balik layar kedua, ‘The Rise of the Drones’, didedikasikan untuk peran teknologi dan data dalam mengedukasi orang-orang tentang tempat yang unik namun sulit dijangkau seperti Kepulauan Kuril. Film pendek di balik layar ketiga – ‘One Part Purpose’ menjelaskan mengapa Kaspersky memutuskan untuk mendukung ekspedisi, dan bagaimana ekspedisi tersebut berkembang menjadi proyek dengan tujuan jangka panjang. Ini juga menampilkan komentar dari Eugene Kaspersky tentang hasratnya sendiri untuk kawasan ini dan perlindungannya di masa depan.

“Sejak pertama kali mendengar tentang Kepulauan Kuril saat masih kecil, saya selalu ingin pergi mengunjunginya. Ekspedisi yang didokumentasikan dalam ‘From Kurils With Love’ adalah kunjungan kedua saya dan tidak mengecewakan. Kami sangat beruntung dengan cuaca kali ini dan merupakan beban yang sangat berat di pundak ketika mengetahui bahwa kami berada di sana untuk membuat film dokumenter. Saya sangat senang sekarang dapat berbagi sekilas tentang Kuril, yang telah saya kenal dan cintai, kepada seluruh dunia melalui film dokumenter ini,” komentar Eugene Kaspersky, CEO Kaspersky.

Film dokumenter utama telah terdaftar sebagai ‘Pilihan Resmi’ di 18 festival dokumenter internasional terkemuka – termasuk Festival Film Heartland, Mountain Film, Wildlife Conservation Film Festival, Washington DC Environmental Film Festival dan Environmental Film Festival Yale yang sejauh ini telah memenangkan tiga penghargaan.

Penayangan perdana film dokumenter tersebut secara online juga mendukung inisiatif penggalangan dana yang diselenggarakan oleh Dr. Burkanov dan anggota tim ekspedisi. Upaya ini bertujuan untuk mengumpulkan data lingkungan yang kuat yang akan membantu menginformasikan kebijakan tepat dan proyeksi ilmiah di masa depan. Proyek-proyek tersebut dapat memandu kawasan menuju rencana konservasi untuk menjaga ekosistem ini tetap sehat selama beberapa generasi. Semua dana akan disalurkan ke lembaga nonprofit yang telah didirikan secara khusus untuk tujuan ini: The Kuril Islands Research & Conservation Initiative (KIRCI).

“Saya telah mendedikasikan sebagian besar hidup saya untuk mencoba memahami ekosistem Kepulauan Kuril, dengan tujuan membantu melindunginya demi generasi mendatang. Meskipun langkah pertama adalah menggunakan teknologi dan data yang andal untuk memahaminya, langkah kedua adalah tentang kesadaran. Membuat orang melihat dan merasakan sesuatu, berarti membuat orang peduli tentang sesuatu. Harapan saya adalah bahwa dokumenter ini akan membuka mata dunia terhadap tempat ajaib ini dan dapat terus berlanjut hingga melibatkan lebih banyak penonton online. Saya berharap mereka ingin berada di belakang melindungi masa depan Kuril melalui organisasi nirlaba kami seperti yang saya lakukan,” kata Dr. Vladimir Burkanov.

“Proyek ‘From Kurils With Love’ telah menjadi kolaborasi cerita nyata antara Kaspersky dan beberapa pembuat film ekspedisi dan fotografer lanskap terkemuka dunia. Kami ingin menunjukkan kepada dunia bahwa kami memiliki kepedulian dengan masa depan dunia alam seperti halnya dunia online, terutama saat mereka berkembang dan kian terhubung. Jadi, ketika kami mengidentifikasi peluang untuk membawa kesadaran ke salah satu ekosistem Bumi yang paling tidak dikenal, paling spektakuler, dan sayangnya paling rapuh, kami melakukannya. Dukungan awal yang sangat pribadi dari Eugene Kaspersky sangat membantu dalam menyelesaikan proyek ini dan semangat serta niat baik luar biasa dari seluruh anggota ekspedisi lainnya pada akhirnya membantu mewujudkannya. Saya pikir kita semua bangga dengan hasil yang ada, terutama dengan elemen penggalangan dana publik tambahan yang telah dibangun dalam pengalaman luar biasa ini,” komentar Povel Torudd, Head of Kaspersky’s Brand Activation Studio and producer film documenter tersebut.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories