Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Tingkatkan Kualitas Budidaya Tambak, XL Axiata Hadirkan XL Smart Aquaculture
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - XL Axiata menghadirkan solusi precision farming bernama “XL Smart Aquaculture” bagi para petani tambak. Ini merupakan solusi berbasis Internet of Thing (IoT) untuk meningkatkan kualitas budidaya ikan dan udang.

XL Smart Aquaculture ini sudah diimplementasikan oleh sejumlah petani tambak ikan kerapu dan udang di Jawa Timur. Feby Sallyanto, Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata mengklaim solusi ini telah mampu meningkatkan produktivitas rata-rata sebesar 20%.

"XL Smart Aquaculture” bekerja dengan cara mengambil dan mengolah data kualitas air secara otomatis dengan memadukan IoT dan machine learning sehingga petambak dapat langsung mengetahui keadaan tambak yang dikelolanya," ujar Feby pada Jumat (23/10/2020).

Baca Juga:

Gunakan SAP S/4 HANA Cloud, XL Axiata Jadi yang Pertama di Asia Tenggara


"Dengan mengetahui data keadaan tambak, mereka dapat melakukan berbagai hal seperti mencegah penyakit, menghindari pemberian pakan yang berlebihan, dan mengoptimalkan kapasitas tambak," tambahnya.

Feby menambahkan, manfaat lain dari solusi ini adalah kemudahan dalam membaca kondisi tambak. Petambak hanya perlu mencelupkan sensor kualitas air, kemudian data akan secara otomatis muncul di layar smartphone atau tablet.

Petambak juga dapat memisahkan data tiap tambak, sehingga luas tambak 5.000 m2 hanya membutuhkan 1 unit alat. Selain itu, sistem pada solusi ini dapat memudahkan pengguna untuk melakukan input data tambak, baik dari sisi kualitas air, data pakan, data panen, ataupun data penyakit.

Baca Juga:

Komitmen XL Axiata Bangun Telematika di Perayaan Ulang Tahun ke-24


Feby menyebut solusi ini dikembangkan untuk dapat tetap bekerja secara maksimal disaat tidak mendapat sinyal seluler. Solusi ini juga dapat ditambahkan fitur-fitur atau alat lainnya sesuai kebutuhan antara lain alarm, alat pemberian pakan secara otomatis, pengendali kincir air, kamera, serta machine learning untuk prediksi cuaca dan penyakit.

Untuk diketahui, XL Smart Aquaculture saat ini telah digunakan oleh para petani tambak di Pacitan dan Situbondo. Mereka yang menggunakan solusi ini diberikan layanan pendampingan, terutama konsultasi, pelatihan penggunaan alat, dan layanan purna jual.

"XL Axiata akan terus mendukung pembangunan nasional melalui bidang telematika, termasuk dengan mendorong pemanfaatan layanan-layanan inovatif IoT. Ini kami lakukan guna memajukan dunia usaha termasuk di kalangan UMKM," pungkas Feby.

SHARE:

Sepi Peminat, Instagram Bakal Hapus Fitur Flipside

Tips Berkendara yang Baik untuk Para Kartini Masa Kini