Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Tips Cara Benar Membaca Aplikasi Google Maps Biar Tak Nyasar
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Aplikasi Google Maps menjadi salah satu solusi yang digunakan masyarakat saat berpergian ke lokasi tak dikenal. Namun masih banyak orang yang kebingungan saat membaca aplikasi, sehingga tidak sedikit dari yang akhirnya justru nyasar.

Nah biar tak salah membaca aplikasi, simak cara yang benar membaca aplikasi Google Maps di bawah ini biar enggak nyasar:

Baca juga:
Rekomendasi Aplikasi Maps untuk Mudik

  1. Menyimpan alamat kantor dan rumah rumah Anda
    Hal ini bertujuan supaya dapat lebih cepat dan praktis ketika ingin mendapatkan petunjuk arah saat melakukan perjalanan ke kantor atau ketika pulang ke rumah.

Caranya, buka Google Maps, pilih tombol menu. Kemudian akan muncul tiga garis horizontal di sudut kiri atas. Lalu pilih tempat yang akan kamu simpan. Penyimpanan ini berfungsi agar Google Maps bisa menavigasi tempat tinggal dan rumah Anda dengan cepat dan tidak tersesat.

  1. Cari tahu terlebih dahulu lokasi yang dituju
    Sebelum berpergian, sebaiknya Anda menelusuri terlebih dahulu rute yang akan dilewati untuk menghindari kemacetan. Hal tersebut dapat dilihat dengan melihat warna lajur yang diberikan.

Caranya dengan mengatur lokasi yang akan dituju, kemudian klik map details dan pilihan traffic. Sedangkan untuk menentukan rute menghindari ganjil genap, yaitu di bagian bawah pilihan moda transportasi pada menu tulisan “Avoiding odd plate roads” atau “Avoiding even plate roads”.

3.Pelajari rute yang dipilih
Setelah memasukkan alamat yang akan dituju, Anda jangan langung meluncur menuju lokasi tersebut. Hal wajib yang perlu dilakukan adalah baca terlebih dahulu rute yang ditunjukkan oleh aplikasi Maps untuk mengetahui akan diarahkan lewat mana saja.

Hal itu akan memberikan gambaran rute yang akan ditunjukkan, sehingga dapat mencegah tersesat atau nyasar. Selain itu, lihat juga apakah rute yang ditunjukkan melalui jalan besar atau kecil, berliku atau tidak dan sebagainya.

4.Melihat patokan atau legenda
Pada umumnya, peta digital akan menyediakan legenda-legenda yang akan memudahkan pengguna ketika membaca peta. Sehingga bisa dijadikan sebagai patokan arah jalan.

5.Berbagi lokasi Anda dengan teman atau saudara
Anda bisa berbagi lokasi pada teman atau saudara. Ini berguna apabila terjadi hal-hal yang tidak terduga, sehingga pengguna akan dengan mudah melacak keberadaan Anda dengan lokasi yang sudah bagikan.

Caranya, pilih tombol menu tiga baris di sudut kiri atas. Kemudian pilih berbagi lokasi. Selanjutnya Anda bisa mengetuk ikon tambahkan orang di bagian kanan atas, lalu pilih orang yang akan dibagikan.

  1. Cara melihat suasana jalanan secara langsung
    Bagi yang masih bingung membaca maps-nya, dapat melihat suasana jalanan secara langsung dengan menggunakan Street View. Caranya dengan sentuh dan tahan pada peta untuk menjatuhkan pin di lokasi yang diinginkan. Kemudian Anda akan melihat gambar lokasi di bagian bawah layar, kemudian klik gambar tersebut.
  2. Gunakan Google Maps secara offline
    Gunakan Google Maps secara offline sangat penting. Ini untuk berjaga jika sewaktu-waktu kuota habis.

Cara menggunakan Google Maps secara offline adalah dengan terlebih dulu memilih suatu tempat yang akan dituju atau didatangi secara online. Setelah itu, simpan di Google Maps dan lokasi yang sudah tersimpan dapat dibuka kembali di menu Google Maps dengan cara mengetuk tiga garis horizontal di kiri atas.

Kemudian scroll dan pilih lokasi offline. Lokasi offline yang sudah tersimpan tersebut akan memiliki masa kedaluwarsa selama 30 hari.

SHARE:

Elon Musk Resmikan Operasional Starlink di Indonesia

Android 15 Tawarkan Peningkatan Waktu Siaga Baterai Hingga 3 Jam