Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Tips Jitu Mencegah Kecurangan Kasir dengan Memanfaatkan Aplikasi
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Mencegah kecurangan kasir merupakan langkah penting dalam menjaga keberlangsungan bisnis,terutama di industri F&B. Data dari Asosiasi Restoran Nasional menunjukkan, sebagian besar kekurangan inventaris disebabkan oleh kecurangan karyawan. Jenis ini meliputi tindakan seperti kecurangan kasir, under-ringing, pemberian pesanan gratis berlebihan, dan pembatalan penjualan.

Untuk mengatasi hal ini, penggunaan Aplikasi PoS dapat menjadi solusi efektif. Aplikasi initidak hanya membantu memantau transaksi secara real-time,tetapi juga memberikan kontrol yang lebih ketat atas aktivitas kasir. Dengan menerapkan tips dan teknik yang tepat dalam penggunaan Aplikasi PoS, pemilik bisnis dapat mengurangi risiko kecurangan kasir dan menjaga keuangan bisnis tetap aman.

Baca Juga:
Sepanjang 2023, Masyarakat Indonesia Banyak Pesan Tiket Pesawat ke Vietnam Lewat Aplikasi

Jenis Kecurangan yang Dilakukan Karyawan di Bisnis F&B
Penelitian menunjukkan bahwa kemungkinan kecurangan karyawan di bisnis F&B meningkatjika rekan kerjanya terlibat dalam perilaku serupa. Beberapa jenis kecurangan yang umum dilakukan oleh karyawan di restoran termasuk under-ringing, pencurian di kasir, dan pembatalan penjualan.

Under-ringing terjadi ketika pelayan memasukkan harga yang lebih rendah ke dalam sistem PoS daripada yang seharusnya dibayar oleh pelanggan. Pencurian di kasir melibatkan karyawan yang mencuri uang daritransaksitanpa mencatatnya.

Sementara itu, pembatalan penjualan bisa terjadi ketika karyawan membatalkan item daritransaksi dan menyimpan uangnya untuk diri sendiri. Penting bagi pemilik bisnis F&Buntuk mengenali dan menghentikan jenis-jenis kecurangan ini untuk menjaga keuangan dan reputasi bisnis tetap aman.

Tips Pencegahan Kerugian Bisnis Restoran
Jika pernah mengalami situasi seperti ini, tentunya sulit untuk menghadapinya. Namun, ada sejumlah strategi yang dapat diterapkan untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut beberapa tips pencegahan kerugian restoran yang dapat diterapkan:

  1. Menggaji Karyawan dengan Baik
    Beberapa karyawan mungkin mencuri karena alasan iseng, sementara yang lainnya mungkin terlibat dalam pencurian karena kesulitan finansial. Meningkatkan gaji karyawan dan memberikan tunjangan kesehatan dapat membantu melindungi restoran dari pencurian yang mungkin muncul karena kebutuhan finansial yang mendesak.
  2. Tetapkan Kebijakan yang Jelas Mengenai Makanan untuk Karyawan
    Memberikan penawaran makanan kepada karyawan dapat meningkatkan kepuasan mereka, membantu mereka lebih akrab dengan produk yang dijual, dan mencegah terjadinya pencurian. Pastikan Anda memiliki kebijakan yang jelas mengenai penawaran makanan kepada karyawan,termasuk batasan dan prosedur yang harus diikuti.
  3. Buat Kebijakan Wajib Struk Saat ada Penjualan
    Menerapkan SOP wajib memberikan struk kepada pelanggan dapat membantu mencegah kecurangan,terutama ditempat kasir. Dengan adanya SOP ini, kasir akan selalu berhati-hati dalam melakukan penginputan penjualan dari pelanggan.
  4. Berikan Orientasi dan Pelatihan yang Efektif
    Onboarding yang baik dapat mencegah tindakan pencurian oleh karyawan. Membuat daftar cek karyawan baru dengan informasi penting tentang aturan dan prosedur di restoran dapat membantu karyawan baru beradaptasi dengan cepat.
  5. Gunakan Sistem POS yang Aman
    Jika menginginkan keamanan dan pencegahan kecurangan yang maksimal di bisnis restoran, pertimbangkan untuk menggunakan sistem POS seperti aplikasi Opaper yang memiliki fitur keamanan. Opaper menyediakan fitur pencatatan keuangan otomatis, manajemen inventaris, manajemen pemesanan yang bisa dipantau secara realtime.

Baca Juga:
Investasikan Rp500 Miliar, Daimler Bangun Pabrik Perakitan Bus dan Truk Mercedes-Benz di Cikarang

Informasi dan data yang tercatat di dalam Opaper dijamin keamanannya. Dengan begitu, pemilik bisnis tidak perlu khawatir lagi soal kebocoran data atau manipulasi informasi yang dapat merugikan bisnis. Opaper juga memiliki sistem pembayaran canggih yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan pemesanan dan pembayaran langsung melalui smartphone pribadi.

Keunggulan dari Opaper adalah kemampuannya untuk memberikan keamanan tinggi pada setiap transaksi yang dilakukan. Dengan integrasi yang sempurna antara sistem pembayaran dan smartphone pelanggan, Opaper dapat membantu mengurangi risiko kecurangan yang mungkin dilakukan oleh karyawan.

SHARE:

Peugeot 'Angkat Kaki' dari Indonesia, Layanan Aftersales Tetap Berjalan

Sam Altman: Masa Depan AI Tak Butuh Device Baru