Tips Kembalikan Email yang Tak Sengaja Terhapus

- Advertisement -

Technologue.id, JakartaPuluhan bahkan ratusan email yang masuk ke kolom inbox Gmail, membuat tak sedikit orang menjadi kewalahan.

Akibatnya, sering terjadi ketidaksengajaan menghapus pesan yang mungkin penting. Hal ini tentu saja membuat sejumlah orang akan merasa panik jika pesan tersebut tak dapat kembali lagi. Tak perlu khawatir, melalui beberapa fiturnya, Google telah mengantisipasi hal tersebut.

Baca Juga:
Tips Sortir Foto dan Video WhatsApp agar Memori Handphone Tak Cepat Penuh

Dilansir dari ubergizmo.com (01/03/2021), berikut tips mengembalikan email yang terhapus di Gmail.

1. Gunakan Fungsi Undo

Biasanya, saat kita menghapus email, akan muncul notifikasi bahwa pesan tersebut telah dipindahkan ke folder Trash/Sampah, disertai fungsi undo yang muncul di kanan bawah layar selama beberapa detik. Hal ini bertujuan untuk mengurungkan hapus pesan yang mungkin tak sengaja terhapus.

2. Gunakan Kolom Trash

Jika hal pertama tak sempat digunakan, segera ke folder Trash. Sesuai namanya, folder ini berisi pesan-pesan yang telah dihapus.  Sebagai informasi, Google akan menyimpan email yang sudah dihapus selama 30 hari di Trash, sebelum menghapusnya secara permanen. Buka folder Trash dan cari pesan yang ingin dikembalikan, klik kanan dan pilih opsi Move to inbox.

3. Meminta Bantuan Google

Cara terakhir yang dapat digunakan yaitu meminta bantuan pihak Google untuk memulihkan kembali pesan tersebut. Pihak Google telah menyediakan formulir pengajuan untuk hal ini, dengan catatan tak seluruh permintaan dapat dipenuhi. Terkhusus bagi pengguna akun G Suite, dapat mengontak admin pengelola akun dikarenakan admin pengelola akun memiliki 25 hari tambahan pemulihan email yang terhapus permanen.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories