Tips Sortir Foto dan Video WhatsApp agar Memori Handphone Tak Cepat Penuh

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta Aplikasi messenger lintas platform, WhatsApp Messanger, menjadi salah satu aplikasi yang dominan digunakan oleh masyarakat saat ini.

Kemudahan akses dan cara menggunakannya, membuat masyarakat, khususya generasi milenia, memilih WhatsApp sebagai aplikasi untuk berkomunikasi secara online dan privasi.

Baca Juga:
Tips Tangkal Penipuan via Email di Facebook dan Instagram

Selain itu, WhatsApp dilengkapi berbagai fitur menarik guna memudahkan penggunanya dalam berkomunikasi. Seperti yang sering terjadi, sejumlah orang kerap menemukan memori handphonenya penuh akibat tersimpan foto dan video yang berasal dari WhatsApp, sayangnya foto dan video tersebut sudah tak diperlukan lagi.

Untuk menghindari hal seperti ini, melalui fitur penyimpanan dan data, pengguna dapat menonaktifkan opsi unduh otomatis, sehingga pengguna dapat memilih foto dan video apa saja yang perlu di unduh, guna menghindari memori ponsel penuh dan kelambatan jaringan seluler.

Baca Juga:
Tips TikTok-an Aman Bagi Anak

Lebih lanjut, berikut tips mencegah memori ponsel penuh akibat pengunduhan otomatis WhatsApp.

Untuk Pengguna Android

1.  Buka WhatsApp > ketuk Opsi lainnya (tiga titik di sisi kanan atas) > Setelan> Penyimpanan dan data > Unduh otomatis media.

2.  Di bawah bagian Media auto-download akan ada tiga pilihan, yaitu saat menggunakan data seluler, saat terkoneksi dengan WiFi, dan saat roaming.

3. Pilih salah satu atau ketiganya untuk akses unduh otomatis.

4. Jika sudah, hapus centang semua kotak untuk Foto, Audio, Video, dan Dokumen.

5. Klik OK

Untuk Pengguna iOS

1. Buka WhatsApp> Pengaturan> Penyimpanan dan Data.

2.  Di menu ini, Anda akan melihat opsi Pengunduhan Otomatis Media di atas

3. Untuk Foto, Audio, Video, dan Dokumen, pilih opsi “Jangan pernah”.

Dengan tips ini, pengguna dapat mensrortir foto dan video yang penting untuk diunduh, guna mengurangi penyimpanan memori agar tak cepat penuh.

- Advertisement -

Latest News

Inisiatif ‘Hyperlocal’ Tokopedia Dorong UMKM Palembang Raup Untung Ratusan Juta

Technologue.id, Jakarta - Inisiatif 'Hyperlocal' Tokopedia kian membawa dampak positif bagi pegiat usaha lokal di Indonesia. Pempek Cek Dung dan Pabrik Kerupuk...

Sony Luncurkan Drone Airpeak S1, Bisa Terbang Hingga 90 Km/Jam

Technologue.id, Jakarta - Sony resmi meluncurkan drone Airpeak pertamanya. Adalah Airpeak S1, drone ini ditujukan untuk pembuatan film profesional.

WhatsApp di Feature Phone Bisa Dipakai Telepon

Technologue.id, Jakarta - Pemegang feature phone berbasis KaiOS kini bisa melakukan panggilan telepon atau voice call melalui WhatsApp. Aplikasi messaging populer tersebut...

Redeem Code Genshin Impact Edisi Bulan Juni 2021

Technologue.id, Jakarta - Genshin Impact buatan miHoYo kian diminati para gamer di seluruh dunia. Untuk sambut kehadiran update Genshin Impact versi 1.6...

Samsung Rilis ISOCELL JN1, Dukung Resolusi 50MP

Technologue.id, Jakarta - Samsung resmi mengumumkan sensor kamera terbaru mereka. Adalah ISOCELL JN1, sensor kamera ini diperuntukan bagi smartphone kelas menengah dan...

Related Stories