Tips Sortir Foto dan Video WhatsApp agar Memori Handphone Tak Cepat Penuh

Technologue.id, Jakarta Aplikasi messenger lintas platform, WhatsApp Messanger, menjadi salah satu aplikasi yang dominan digunakan oleh masyarakat saat ini.

Kemudahan akses dan cara menggunakannya, membuat masyarakat, khususya generasi milenia, memilih WhatsApp sebagai aplikasi untuk berkomunikasi secara online dan privasi.

Baca Juga:
Tips Tangkal Penipuan via Email di Facebook dan Instagram

Selain itu, WhatsApp dilengkapi berbagai fitur menarik guna memudahkan penggunanya dalam berkomunikasi. Seperti yang sering terjadi, sejumlah orang kerap menemukan memori handphonenya penuh akibat tersimpan foto dan video yang berasal dari WhatsApp, sayangnya foto dan video tersebut sudah tak diperlukan lagi.

Untuk menghindari hal seperti ini, melalui fitur penyimpanan dan data, pengguna dapat menonaktifkan opsi unduh otomatis, sehingga pengguna dapat memilih foto dan video apa saja yang perlu di unduh, guna menghindari memori ponsel penuh dan kelambatan jaringan seluler.

Baca Juga:
Tips TikTok-an Aman Bagi Anak

Lebih lanjut, berikut tips mencegah memori ponsel penuh akibat pengunduhan otomatis WhatsApp.

Untuk Pengguna Android

1.  Buka WhatsApp > ketuk Opsi lainnya (tiga titik di sisi kanan atas) > Setelan> Penyimpanan dan data > Unduh otomatis media.

2.  Di bawah bagian Media auto-download akan ada tiga pilihan, yaitu saat menggunakan data seluler, saat terkoneksi dengan WiFi, dan saat roaming.

3. Pilih salah satu atau ketiganya untuk akses unduh otomatis.

4. Jika sudah, hapus centang semua kotak untuk Foto, Audio, Video, dan Dokumen.

5. Klik OK

Untuk Pengguna iOS

1. Buka WhatsApp> Pengaturan> Penyimpanan dan Data.

2.  Di menu ini, Anda akan melihat opsi Pengunduhan Otomatis Media di atas

3. Untuk Foto, Audio, Video, dan Dokumen, pilih opsi “Jangan pernah”.

Dengan tips ini, pengguna dapat mensrortir foto dan video yang penting untuk diunduh, guna mengurangi penyimpanan memori agar tak cepat penuh.