Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Tips Memperbaiki Masalah Ponsel yang Tidak Menerima Pesan Teks di Android
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Apakah Anda mengalami masalah dengan ponsel Android Anda yang tidak menerima pesan teks? Meskipun banyak aplikasi pesan lainnya, pesan teks tetap menjadi salah satu metode komunikasi penting di smartphone. 

Terlebih lagi, beberapa notifikasi penting seperti transaksi bank masih datang melalui pesan teks, sehingga tidak menerima pesan teks di ponsel Android Anda bisa menjadi masalah besar. Berikut ini adalah beberapa solusi untuk memperbaiki masalah tersebut.

Baca Juga:
5 Tips dan Trik untuk Mengatasi Smartphone yang Panas saat Digunakan

  1. Cek Folder Spam dan Blocked

Ketika menghadapi masalah tidak menerima pesan teks, coba cek folder spam dan blocked. Mungkin pesan tersebut disaring dan tersimpan di folder tersembunyi. Jika Anda menggunakan aplikasi Google Messages, Anda dapat melihat pesan yang difilter dengan mengetuk menu hamburger di kiri atas (tiga garis horizontal) dan memilih Spam & diblokir.

  1. Bersihkan Ruang Penyimpanan

Jika Anda sering menimbun media di ponsel Anda, hal ini dapat mempengaruhi ruang penyimpanan yang tersedia dan membuat ponsel tidak dapat menerima pesan baru. Pastikan untuk membersihkan ruang penyimpanan dan hapus file yang tidak diperlukan.

  1. Pastikan Mode Pesawat Tidak Aktif

Pastikan untuk memeriksa apakah mode pesawat diaktifkan di ponsel Anda. Mode ini akan mematikan data seluler, sehingga Anda tidak dapat mengirim atau menerima pesan teks.

  1. Periksa Koneksi Jaringan

Jika mode pesawat tidak aktif, tetapi Anda masih tidak dapat menerima pesan, pastikan untuk memeriksa koneksi jaringan di ponsel Anda. 

Ponsel Android biasanya menampilkan status jaringan menggunakan simbol status bar Android yang berbeda. Jika tidak ada indikator sinyal atau hanya satu bar yang ditampilkan, kemungkinan ada masalah dengan jaringan.

Baca Juga:
Cara Mengurangi Penggunaan Smartphone Untuk Jaga Kualitas Tidur

  1. Reset Pengaturan Jaringan

Jika masalah masih terjadi, cobalah untuk mereset pengaturan jaringan. Ini dapat membantu mengatasi masalah jaringan tidak terduga yang mungkin terjadi. Setel ulang pengaturan jaringan tidak akan berpengaruh pada data ponsel.

  1. Nonaktifkan Mode Hemat Baterai

Mode hemat baterai atau power saving mode mungkin dapat membatasi jumlah proses background berjalan di ponsel. 

Namun, hal ini juga dapat mempengaruhi kemampuan ponsel untuk menerima pesan teks. Coba nonaktifkan mode hemat baterai jika Anda mengalami masalah tidak menerima pesan teks.

  1. Update Ponsel Android

Jika semua solusi di atas belum berhasil, cobalah untuk memperbarui sistem operasi ponsel Android Anda. Pembaruan sistem software seringkali menyertakan perbaikan untuk masalah yang ada pada ponsel.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan apabila ponsel pintar Android Anda tidak bisa menerima pesan teks.

SHARE:

Presiden Jokowi Bentuk Satgas Judi Online, Ini Tugas dan Susunan Anggotanya

Visi Barcode Gokart Hadirkan Bibit-bibit Pembalap Formula 1