Copyright 2022 Technologue ID. All rights reserved.

Tips Latest News Headline

Tips Menjaga Kerahasiaan dan Keamanan Data Konsumen

byChoiru Rizkia - editorDenny Mahardy Dec 1, 2021

Technologue.id, Jakarta - Pengguna layanan digital di Indonesia mengalami pertumbuhan sebesar 37% selama pandemi Covid-19.

Perkembangan pesat pada sektor ini juga diikuti dengan beberapa konsekuensi, seperti maraknya penipuan pembeli, kebocoran data sensitif, atau lebih dikenal dengan istilah cyber-crime.

Berdasarkan survei Cybersecurity Exposure Index (ICE) di tahun 2020, indeks kejahatan siber di Indonesia saat ini mencapai 0,62. Nilai tersebut lebih tinggi dari rata-rata global yang berkisar 0,54. Hal ini menjadi catatan penting bagi para pelaku bisnis, perbankan, dan industri finansial untuk meningkatkan keamanan siber.

Xendit, perusahaan teknologi finansial, mengajak konsumen umum dan mitra bisnis Xendit untuk mempertimbangkan beberapa tips penting guna meningkatkan kerahasiaan dan keamanan data ketika bertransaksi online.

Baca Juga:
5 Tips Mudah dan Aman untuk Backup Semua Data

Berikut tips keamanan data untuk konsumen umum dan pelaku bisnis.

Bagi konsumen umum:

Faktanya, hacker hanya membutuhkan 10 menit untuk bisa memecahkan kata sandi yang terdiri dari 6 karakter atau kurang. Dan 80% kasus kebocoran data disebabkan oleh lemahnya kata sandi pengguna, berdasarkan data Verizon.

Baca Juga:
Tips Tangkal Penipuan via Email di Facebook dan Instagram

Bagi pelaku bisnis yang menggunakan payment gateway:

Xendit memiliki tim Pencegahan Penipuan, yang akan memblokir transaksi-transaksi tidak wajar secara otomatis. Baik penjual dan pembeli bisa bertransaksi dengan tenang, aman, dan mudah, dengan lebih dari 20 metode pembayaran yang ditawarkan Xendit.

"Kami berkomitmen untuk menjalankan Fraud Education Campaign, yang harapannya dapat mengedukasi masyarakat dan membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya keamanan. Bersama- sama, Xendit berharap dapat berkontribusi lebih dalam upaya mengurangi penipuan online dan kejahatan siber di Indonesia," kata Theo Mitsutama, Senior Engineering Manager Xendit.

#Tips #KejahatanSiber #KejahatanCyber #Xendit #KejahatanDuniaMaya #KejahatanOnline #TipsKeamananData

Baca Juga