Technologue.id, Jakarta – Beberapa dari Anda mungkin sudah tak sabar menyambut tahun depan dan menjadi saksi kelahiran seri terbaru Galaxy S dari Samsung. Pasalnya, dari bocoran yang beredar, ponsel tersebut tampak cukup menggiurkan.

Baca juga:

Ada Tiga Kamera Belakang di Samsung Galaxy S10, Apa Saja Fungsinya?

Yang terbaru, Galaxy S10 disebut akan berfitur neural processing unit (NPU) dedicated yang didesain untuk artificial intelligence computing. Mungkin, implementasinya tak jauh beda dengan chip AI khusus dari Huawei, Kirin 980.

Baca juga:

Samsung Galaxy S10 Akan Pakai Bezel “Aneh”?

Menukil AndroidHeadlines.com (06/10/2018), Samsung disebut telah berhasil mengembangkan generasi kedua solusi NPU-nya. Sayangnya, sejauh ini, belum ditemukan NPU itu di dalam Exynos 9810, cip flagship komersial termutakhir mereka yang juga mengotaki Galaxy S9, S9 Plus, dan Galaxy Note 9.

Untuk sementara, belum diketahui apa fitur AI andalan Galaxy S10 apabila jadi memakai NPU tersebut. Namun yang jelas, jika rumor ini benar adanya, maka Samsung akan memulai langkah besarnya di ranah mobile AI setelah sebelumnya membiarkan para kompetitornya menggarap ladang tersebut.

Baca juga:

CEO Samsung Mobile: Galaxy S10 Akan Usung Perubahan Signifikan

Ya, tengok saja Qualcomm dan Huawei yang sudah lama menyeriusi sektor ini. Suksesor Snapdragon 845 yang diyakini bernama Snapdragon 8155 diisukan mengusung NPU juga. Sementara Huawei sendiri begitu bangga dengan Kirin 980-nya, yang ia sebut lebih hebat dari chipset A12 Bionic besutan Apple dari segi kinerjanya.