Technologue.id, Jakarta – Tokopedia menghadirkan layanan pembayaran BPJS secara autodebit yang akan semakin memudahkan masyarakat Indonesia dalam membayar iuran BPJS Kesehatan dengan lebih tepat waktu. Layanan pembayaran BPJS secara autodebit bisa diakses oleh masyarakat melalui situs ataupun aplikasi Tokopedia.

Perusahaan e-commerce lokal itu mencatat tingginya animo masyarakat dalam melunasi iuran BPJS. Menurut data internal, jumlah pengguna layanan pembayaran BPJS secara autodebit di Tokopedia mengalami kenaikan sebesar hampir 5 kali lipat sejak peluncuran.

Baca Juga:
Pertumbuhan Layanan Mitra Tokopedia Ukir Angka Gemilang

SVP of Engineering Tokopedia, Herman Widjaja, mengungkapkan, Kami telah mengembangkan layanan pembayaran BPJS secara autodebit di Tokopedia, sehingga pengguna kini tidak perlu khawatir lupa membayar iuran BPJS Kesehatan karena pembayaran dilakukan secara otomatis berdasarkan tanggal yang ditetapkan oleh pengguna.”

Herman melanjutkan, “Sistem autodebit memudahkan masyarakat untuk melakukan pembayaran iuran kapan pun dan dimana pun sehingga status kepesertaan tetap aktif dan pengguna dapat menikmati pelayanan program BPJS secara optimal.”

Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan, Kemal Imam Santoso, menyambut baik kerja sama dengan Tokopedia, “Kami menghargai langkah Tokopedia untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk membayar iuran BPJS secara autodebit melalui platform digital. BPJS Kesehatan pun terus mengerahkan berbagai upaya untuk mendorong seluruh masyarakat Indonesia agar mendapatkan pengalaman pelayanan BPJS Kesehatan terbaik.”

Baca Juga:
Lirik Industri Pernikahan, Tokopedia Akuisisi Wedding Platform Bridestory

Saat ini, pengguna Tokopedia dapat mendaftarkan jadwal pembayaran iuran BPJS di situs dan aplikasi Tokopedia melalui fitur Langganan.

Setelah itu, pengguna dapat memilih untuk mengatur jadwal pembayaran BPJS Kesehatan yang tersedia di opsi fitur Langganan. Pembayaran BPJS dengan metode transaksi debit otomatis atau autodebit bisa dilakukan dengan OVO dan Saldo atau kartu kredit yang terdaftar di Tokopedia.

Setelah setiap transaksi yang berhasil, invoice akan dikirim ke email pengguna sebagai tanda bukti pembayaran yang sah.

Saat ini, pengguna Tokopedia yang menggunakan layanan pembayaran BPJS secara autodebit dapat menikmati kemudahan berupa potongan harga sebesar 5% hingga 75 ribu rupiah untuk 6 kali pembayaran yang berlaku sampai 31 Agustus 2019.