Tokopedia START Summit 2021 Siap Digelar

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Tokopedia kembali akan menggelar konferensi teknologi untuk kali kedua yakni Tokopedia START Summit 2021, pada Sabtu, 3 Juli mendatang.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini START Summit 2021 akan diadakan secara virtual mengingat kondisi pandemi yang tidak memungkinkan mengadakan acara besar secara tatap muka.

Tokopedia START Summit 2021 ini merupakan salah satu bentuk upaya Tokopedia untuk membentuk ekosistem yang kolaboratif agar mampu membangun industri teknologi Indonesia yang semakin berkembang. Tokopedia START Summit 2021 juga merupakan bagian dari Tokopedia Academy, wadah bagi para talenta digital Indonesia untuk belajar mengenai beragam topik TI dan mengembangkan talenta.

Baca Juga:
Tokopedia Berdayakan Perempuan di Era Digital Lewat ‘START Summit Extension: Women in Tech’

Aswin T. Utomo, Vice President of Engineering & Chief of Staff Technology Tokopedia, menuturkan bahwa ingin melahirkan sumber daya manusia yang unggul terhadap perkembangan teknologi yang ada melalui Tokopedia Academy.

“Kami benar-benar berharap melalui Tokopedia Academy kita bisa berkontribusi positif dalam mendukung perkembangan teknologi di nusantara. Kita ingin mengembangkan SDM yang unggul dari sisi inovatif, innovation, dan berkompetitif di bidang teknologi,” kata Aswin, saat Group Interview secara virtual, Rabu (23/6/2021).

Pada ajang Tokopedia START Summit 2020 ini, ada tiga topik besar di bidang TI seperti Core Engineering, Infrastructure and Productivity, dan Data. Tiga topik utama tersebut dipilih karena melihat perkembangan teknologi di Indonesia yang belum banyak sharing mengenai base practice atau know how-nya. Dengan begitu partisipan bisa belajar, misalnya mengenai data dari Tokopedia.

Siti Fauziah, Tokopedia Academy Lead, menjelaskan untuk pembahasan mengenai Core Engineering, tim akan membeberkan “dapur” salah satu program bulanan rutin yaitu Waktu Indonesia Belanja yang nyatanya melibatkan banyak pihak.

“Kita dengan senang hati bakal share behind the scene-nya. Apa aja sih yang dilakukan tim ketika persiapan WIB dan hari H-nya,” ungkap Fauziah.

Lalu untuk pembahasan mengenai Data, tim engineering Tokopedia bakal memberikan informasi bagaimana cara menganalisa seller melalui class seller analytics. Dirinya menekankan betapa pentingnya mengikuti START Summit 2021 untuk menggali ilmu di bidang teknologi secara lebih mendalam.

“Selain free (gratis), kita juga sharing knowledge dan juga pengalaman yang sudah pernah kita jalani di Tokopedia. Bisa juga langsung praktek. Selain itu ada juga innovation sharing dimana teman-teman dapat kesempatan untuk belajar dan bertanya langsung ke tim engineering Tokopedia mengenai beragam inovasi yang mereka telah lakukan di Tokopedia,” jelasnya.

Baca Juga:
Tokopedia Gandeng Kemenkominfo Gelar Pelatihan Digital untuk UMKM

Bicara target, START Summit 2021 menargetkan lebih dari 5.200 penonton bergabung melalui siaran langsung YouTube, dan 70.000 penonton melalui platform Tokopedia Play. Dibandingkan tahun lalu, ada 5.100 penonton yang menyaksikan melalui platform live streaming besutan perusahaan e-commerce tersebut.

Adapun jumlah pembicara, START Summit 2021 akan mengundang 30 pembicara. Ini pun lebih banyak ketimbang START Summit 2020.

Acara ini bisa disaksikan melalui tiga platform yaitu Tokopedia Play, YouTube channel Tokopedia, dan website Tokopedia Academy. Event virtual yang digelar selama satu hari ini berlangsung mulai dari pukul 9 pagi sampai 6 sore.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories