Dana Tembus 40 Juta Pengguna

Technologue.id, Jakarta – Penyedia layanan non tunai DANA mengalami lonjakan transaksi digital di tengah pandemi Covid-19. Kenaikan transaksi pada masa pandemi sebesar 15%, dan pada bulan ini, jumlah pengguna DANA juga sudah lebih dari 40 juta.

Lonjakan ini terjadi akibat pembatasan aktivitas dan penerapan physical distancing yang diterapkan pemerintah untuk mengurangi penyebaran virus corona.

Baca Juga:
Marak Kebocoran Data, DANA Pastikan Sistemnya Aman

Tercatat, 94% dari total transaksi yang dilakukan dengan menggunakan dompet digital DANA berupa transaksi online. Sisanya, 6%, berupa transaksi offline dengan menggunakan QR Code.

Business grow naik 15 persen. Itupun didukung oleh culture kita dimana kita menganut tujuh value prinsip-prinsip yang kita anut diantaranya customer first, humble, dan teamwork,” kata Agustina Samara, Chief People Officer DANA, dalam konferensi pers virtual, Rabu (20/5/2020).

Dompet digital buatan anak bangsa itu mencatat kenaikan transaksi digital melalui transaksi belanja di marketplace, transfer saldo, baik antar pengguna platform tersebut maupun ke rekening bank, hingga melakukan pembayaran rutin bulanan seperti membayar biaya berlangganan TV kabel, asuransi dan BPJS.

Transaksi pembelanjaan yang dilakukan oleh pengguna DANA tidak dilakukan di merchant-merchant besar saja, namun juga merata hingga ke pelaku usaha UMKM. Tansaksi paling banyak untuk UMKM antara lain adalah transaksi pembelian makanan dan minuman di restoran, pembelian sembako di warung-warung atau pun mini market sekitar rumah, tempat layanan telekomunikasi, serta toko-toko baju dan aksesoris.

“DANA tak pernah berhenti berinovasi dan melahirkan solusi-solusi baru. Ketika terjadi pandemi, kami mengembangkan kapabilitas dengan menciptakan solusi-solusi baru yang bermanfaat bagi segenap ekosistem,” tutur Norman Sasono, Chief Technology Officer DANA.

Baca Juga:
Duet DANA dan Mastercard Tingkatkan Pengalaman Transaksi Online Saat Pandemi

Salah satu inovasi yang melahirkan solusi baru dan hadir di DANA adalah Miniprogram Siap Siaga Covid-19. Miniprogram Siap Siaga Covid-19 adalah program khusus aplikasi DANA yang ditujukan agar masyarakat Indonesia dapat memanfaatkan secara optimal teknologi DANA untuk membantu sesama pada masa pandemi COVID-19.

DANA beberapa waktu lalu juga meluncurkan layanan Home Shopping untuk membantu mitra mereka, terutama yang memiliki toko offline, untuk tetap bisa berjualan meskipun gerai tutup karena kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB.

Layanan Home Shopping menghubungkan pengguna DANA langsung dengan merchant melalui aplikasi pesan instan WhatsApp. Setelah memesan dan membayar lewat fitur DANA Qris, kode QR, merchant akan mengirimkan pesanan ke alamat konsumen.

Recent Articles

Ini Produk yang Diminati Pelanggan Blibli Saat Ramadhan dan Lebaran

Technologue.id, Jakarta - Bulan suci Ramadan dan Lebaran yang disambut di tengah COVID-19 dan pembatasan aktifitas luar ruangan telah mempengaruhi pilihan produk...

Sambut New Normal, Ribuan Armada GoCar Dipasang Sekat Pelindung

Technologue.id, Jakarta - Penumpang GoCar akan mulai menjumpai sekat pelindung yang membatasi antara dirinya dan pengemudi. Pemasangan sekat ini disebut sebagai bagian...

Bocoran Update PUBG Mobile 0.19.0: Peta Misterius Baru, Mode TDM Baru, dan Hal Baru Lainnya

Technologue.id, Jakarta - Bocoran tentang update PUBG Mobile berikutnya telah keluar, meskipun season 13 sudah tersedia beberapa minggu lalu. Namun, update terbaru dan...

Samsung Galaxy M11, Sobat Anti Lowbat Satu Jutaan Spesial Flash Sale

Technologue.id, Jakarta - Samsung Electronics Indonesia kembali meluncurkan varian terbaru Samsung Galaxy M series, yaitu Galaxy M11. Smartphone yang dirancang sebagai smartphone...

Dukung New Normal, Huawei Luncurkan Produk Kantor Cerdas

Technologue.id, Jakarta - Huawei meluncurkan seri IdeaHub generasi terbaru, yakni sebuah endpoint cerdas yang mendukung segala bentuk skenario ekosistem pada sebuah ruang...

Related Stories