Dana Tembus 40 Juta Pengguna

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Penyedia layanan non tunai DANA mengalami lonjakan transaksi digital di tengah pandemi Covid-19. Kenaikan transaksi pada masa pandemi sebesar 15%, dan pada bulan ini, jumlah pengguna DANA juga sudah lebih dari 40 juta.

Lonjakan ini terjadi akibat pembatasan aktivitas dan penerapan physical distancing yang diterapkan pemerintah untuk mengurangi penyebaran virus corona.

Baca Juga:
Marak Kebocoran Data, DANA Pastikan Sistemnya Aman

Tercatat, 94% dari total transaksi yang dilakukan dengan menggunakan dompet digital DANA berupa transaksi online. Sisanya, 6%, berupa transaksi offline dengan menggunakan QR Code.

Business grow naik 15 persen. Itupun didukung oleh culture kita dimana kita menganut tujuh value prinsip-prinsip yang kita anut diantaranya customer first, humble, dan teamwork,” kata Agustina Samara, Chief People Officer DANA, dalam konferensi pers virtual, Rabu (20/5/2020).

Dompet digital buatan anak bangsa itu mencatat kenaikan transaksi digital melalui transaksi belanja di marketplace, transfer saldo, baik antar pengguna platform tersebut maupun ke rekening bank, hingga melakukan pembayaran rutin bulanan seperti membayar biaya berlangganan TV kabel, asuransi dan BPJS.

Transaksi pembelanjaan yang dilakukan oleh pengguna DANA tidak dilakukan di merchant-merchant besar saja, namun juga merata hingga ke pelaku usaha UMKM. Tansaksi paling banyak untuk UMKM antara lain adalah transaksi pembelian makanan dan minuman di restoran, pembelian sembako di warung-warung atau pun mini market sekitar rumah, tempat layanan telekomunikasi, serta toko-toko baju dan aksesoris.

“DANA tak pernah berhenti berinovasi dan melahirkan solusi-solusi baru. Ketika terjadi pandemi, kami mengembangkan kapabilitas dengan menciptakan solusi-solusi baru yang bermanfaat bagi segenap ekosistem,” tutur Norman Sasono, Chief Technology Officer DANA.

Baca Juga:
Duet DANA dan Mastercard Tingkatkan Pengalaman Transaksi Online Saat Pandemi

Salah satu inovasi yang melahirkan solusi baru dan hadir di DANA adalah Miniprogram Siap Siaga Covid-19. Miniprogram Siap Siaga Covid-19 adalah program khusus aplikasi DANA yang ditujukan agar masyarakat Indonesia dapat memanfaatkan secara optimal teknologi DANA untuk membantu sesama pada masa pandemi COVID-19.

DANA beberapa waktu lalu juga meluncurkan layanan Home Shopping untuk membantu mitra mereka, terutama yang memiliki toko offline, untuk tetap bisa berjualan meskipun gerai tutup karena kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB.

Layanan Home Shopping menghubungkan pengguna DANA langsung dengan merchant melalui aplikasi pesan instan WhatsApp. Setelah memesan dan membayar lewat fitur DANA Qris, kode QR, merchant akan mengirimkan pesanan ke alamat konsumen.

- Advertisement -

Latest News

Mario Party Superstars Bakal Rilis di Nintendo Switch Bulan Oktober

Technologue.id, Jakarta - Mario Party Superstars resmi bakal rilis di Nintendo Switch, game ini bakal hadirkan beberapa peta dan mode klasik. Selain...

6 Fitur Baru Android yang Dipamerkan Google

Technologue.id, Jakarta - Google umumkan bakal ada enam fitur baru di sistem operasi Android 11 yang bisa dinikmati para pengguna mulai pertengahan tahun ini. Update...

Cara Beli Xiaomi Mi 11 Ultra yang Dijual Terbatas

Technologue.id, Jakarta - Xiaomi menjual varian tertinggi dari Mi 11 Series, yaitu Mi 11 Ultra, dalam jumlah terbatas di Indonesia. Smartphone yang...

Tencent Bakal Tutup Game Call of Duty Online

Technologue.id, Jakarta - Tencent resmi tutup operasi Call of Duty Online sebagai upaya untuk dorong pemain ke Call of Duty: Mobile. Game Call...

Startup Evermos Catat Penghasilan Reseller Naik di Tengah Pandemi

Technologue.id, Jakarta - Evermos, platform pemberdayaan ekonomi asal Indonesia, punya visi wujudkan ekonomi inklusif dan kesejahteraan melalui konsep social commerce yang memberikan...

Related Stories