Tren Perangkat Wearable dan TWS Terus Meningkat

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Tahun 2020 menjadi mimpi buruk bagi industri smartphone. Namun hal tersebut tidak terjadi pada perangkat wearable dan perangkat smart audio seperti True Wireless Stereo (TWS). Sebab, terlihat bahwa trennya kini semakin meningkat.

Mengutip dari TheVerge (31/3/21), salah satu lembaga riset pasar. Canalys, perangkat wearable dan TWS berhasil tumbuh sekitar 15 persen pada tahun 2020. Dan Apple menjadi pemimpin pasar untuk kategori tersebut.

Baca Juga:
Acer Luncurkan Tiga TWS, Harga Mulai Rp400 Ribuan

Tak cuma Apple yang kebagian rejeki, sejumlah vendor smartphone yang turut meramaikan industri tersebut, seperti Samsung dan Xiaomi juga merasakan dampak positif pada penjualan TWS-nya. Secara total, Samsung, Xiaomi, dan Apple sendiri mengalami peningkatan penjualan perangkat audio hingga 20 persen. Sedangkan untuk perangkat wearablenya naik hingga 10 persen.

Riset TWS Canalys (Sumber: GSMArena.com)
Riset TWS Canalys (Sumber: GSMArena.com)

Baca Juga:
5 TWS Kualitas Jempolan di 2020

Canalys mengatakan bahwa pada tahun 2020 lalu terjadi peningkatan permintaan pasar terhadap industri tersebut. Hal itu didorong dengan tingginya kesadaran masyarakat akan kesehatan sehingga alat tersebut dianggap cocok untuk menemani saat beraktivitas.

Diperkirakan, tren tersebut masih akan menguat hingga akhir tahun 2021 mendatang. Meski begitu, pertumbuhannya mungkin tidak terlalu signifikan lantaran masih terbatasnya komponen untuk memproduksi perangkat TWS.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories