Technologue.id, Jakarta – Sebuah fitur yang belum lama ini dijejalkan pada Instagram sempat menjadi bahan pembicaraan netizen. Ya, fitur bernama Stories itu cara kerjanya (bahkan namanya) mirip dengan fitur yang ada di Snapchat, karena user bisa mengunggah foto maupun video yang bakal hilang dalam kurun waktu 24 jam.

Stories sendiri dapat diakses di bagian atas aplikasi Instagram untuk perangkat mobile, tetapi tidak (atau belum) untuk versi web.

Namun faktanya, ada cara untuk membuka Instagram Stories via laptop maupun desktop. Siapkan saja Google Chrome Anda dan ekstensi Chrome IG Story.

Berikut langkah-langkah mengakses Instagram Stories yang sudah redaksi siapkan:

- Advertisement -

1. Buka Google Chrome di perangkat Anda, lalu pasang Chrome IG Story dari link berikut.

Chrome IG Story
Chrome IG Story (source: Technologue.id)

2. Kemudian, login-lah ke Instagram. Seperti di aplikasi mobile-nya, Anda akan melihat deretan akun yang Anda ikuti dan sudah mengunggah Instagram Stories-nya di bagian atas situs.

Tampilan Instagram Stories di web (source: Technologue.id)
Tampilan Instagram Stories di desktop (source: Technologue.id)

3. Klik Stories yang ingin Anda buka. Jika ada user yang mengunggah Stories berisi lebih dari satu konten, Anda harus menggunakan tombol panah kiri dan kanan atau mengklik tombol yang tersedia di layar untuk menuju konten sebelum dan sesudahnya. Sebab di sini konten tidak diputar secara otomatis seperti di mobile app.

Fitur Chrome IG Story (source: Technologue.id)
Fitur Chrome IG Story (source: Technologue.id)

Selamat menikmati Instagram Stories di gadget yang layarnya lebih luas!

Sedikit tips, Anda bisa menyimpan foto dan video yang diunggah user lain lewat ekstensi ini sekaligus zooming foto. Anda pun dapat langsung mengunduh sepaket Stories tiap user. Akan tetapi, tentu aktivitas tersebut kurang patut, karena melanggar kebijakan user Instagram. Selain itu, sebaiknya Anda juga menghormati niatan seseorang yang mengunggah kontenya di Stories, karena konten itu sendiri tidak dimaksudkan oleh empunya berumur lama atau bahkan abadi.

 

Baca juga:

TRIK RAHASIA MEN-DOWNLOAD FOTO DAN VIDEO DARI INSTAGRAM

CARA FACEBOOK AMANKAN ANDA DARI BERITA SAMPAH

FACEBOOK KINI TAMPUNG 1,7 MILIAR PENGHUNI BUMI

Share this