Copyright 2022 Technologue ID. All rights reserved.

Direct

Truecaller Akuisisi Platform AI CallHero Senilai Rp 64,5 Miliar

byRiza Mulyawan - editorDenny Mahardy Jan 28, 2022

Technologue.id, Jakarta - Truecaller, platform global terkemuka untuk memverifikasi kontak dan memblokir komunikasi tidak diinginkan, telah menandatangani kesepakatan akuisisi CallHero (www.getcallhero.com), aplikasi asisten digital yang pertama menggunakan teknologi AI. Layanan Smart Agent ini akan diperkenalkan di dalam seluruh rangkaian layanan Truecaller yang ada sekarang, pengguna Truecaller akan mendapatkan dukungan digital assitant pribadi yang mampu menjawab seluruh panggilan masuk dari segala nomor yang tidak dikenal.

Nilai akusisi yang disepakati untuk membawa layanan CallHero ke dalam Truecaller adalah senilai USD 4,5 juta atau setara lebih Rp 64,5 miliar (Kurs: Rp 14.344,95). Dari jumlah tersebut, sebesar USD 2,6 juta atau setara lebih dari Rp 37 miliar akan dilunasi segera setelah penyelesaian perjanjian akuisisi, sedangkan USD 1,9 juta atau lebih dari Rp 27 miliar akan dibayarkan dalam bentuk penerbitan saham baru. Penerbitan saham baru dilakukan guna menunjukkan komitmen jangka panjang Truecaller kepada pihak-pihak penting di CallHero. Tidak hanya itu, Truecaller juga akan membayar tambahan harga senilai maksimal USD 2 juta atau setara Rp 28.6 miliar, apabila perusahaan mampu mencapai target bisnis yang diharapkan dalam jangka waktu paling lama empat tahun sejak transaksi akuisisi diselesaikan. Akuisisi ini diprediksi akan selesai pada kuartal pertama tahun 2022.

"CallHero memberikan dukungan lanjutan bagi para pengguna dalam menangani berbagai penggilan masuk melalui layanan bantuan asisten digital berbasis AI. Percakapan antara penelpon akan dapat terlihat dalam bentuk teks yang terpasang di aplikasi Truecaller. Layanan ini akan membantu pengguna Truecaller dalam memprioritaskan komunikasi yang relevan dan penting, tanpa harus bicara." Terang Alan Mamedi, CEO dan Co-founder Truecaller.

Teknologi dari CallHero ini akan dikembangkan untuk memperkuat penawaran Truecaller di pasar Amerika Serikat, sebelum nantinya diluncurkan ke semua pasar di dunia tempat Truecaller beroperasi, termasuk di Indonesia. Selanjutnya, Alan juga menambahkan, "CallHero dipilih karena aplikasi ini memiliki nilai fungsionalitas canggih yang dikembangkan dengan baik untuk para pengguna iPhone, yang merupakan kelompok pengguna terpenting di pasar negara maju seperti Amerika Serikat. Di sisi lain, teknologi ini juga memungkinkan Truecaller manjadi lebih efisien dan user-friendly bagi pengguna iPhone dan Android di seluruh dunia."

CallHero menyediakan tambahan perlindungan bagi pengguna dalam menangani spam dari berbagai nomor tidak dikenal. Solusi ini akan menjadi salah satu layanan terpenting untuk penanggulangan spam di negara-negara yang terdaftar paling banyak menerima spam, seperti Indonesia. Sebagai negara dengan laju pertumbuhan penetrasi smartphone paling pesat di Asia Tenggara, Indonesia menghadapi banyak tantangan dalam memblokir dan mengidentifikasi penggilan spam. Rata-rata pengguna smartphone di Indonesia menerima 14 panggilan spam setiap bulan. Indonesia juga merupakan negara paling banyak spam nomor enam di dunia dan nomor satu di Asia tenggara berdasarkan Global Spam Report 2021 dari Truecaller.

Setelah CallHero sepenuhnya terintegrasi dengan Truecaller, pengguna akan mendapatkan manfaat smart digital assistant yang mampu menjawab telepon secara otomatis, dan menanyakan identitas penelpon, serta alasannya menelpon. Suara penelfon akan dikirimkan secara real time kepada pengguna melalui pesan teks di layar telepon. Asistant ini juga dapat menayakan beberapa pertanyaan mewakili pemilik telepon hingga menandai kalendar. Solusi ini juga memungkinkan pengguna memfilter panggilan robot dan spam. Secara sederhana, layanan ini akan melengkapi seluruh layanan yang telah tersedia di platform Truecaller seperti Smart SMS, VoIP calling dan spam/scam blocking.

#Truecaller #PanggilanSpam #AplikasiTruecaller #CallHero

Baca Juga