Technologue.id, Jakarta – Startup lokal yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan, Ruangguru, mengumumkan pencapaian positifnya hingga kini menjadi satu-satunya aplikasi lokal dalam 10 Top Charts di Google Play Store.

Sejak didirikan tahun 2014 silam, pamor Ruangguru terus meroket seiring booming belajar online melalui video. Belva Devara, CEO dan Co-founder Ruangguru, mengaku bangga platform e-learning ini bertengger di posisi sembilan di Play Store saat ini.

“Kita masuk aplikasi Top Charts, satu-satunya aplikasi lokal. Persis di bawah TikTok, tapi kami di atas Facebook,” ujar Belva, usai peluncuran kolaborasi dengan Telkomsel Loop, di Telkomsel Smart Office, Jakarta, Senin (30/07/2018).

Baca juga:

BookMyShow Kantongi Rp1,4 Triliun dalam Pendanaan Seri D

- Advertisement -

Sepanjang tahun 2017 lalu, ada peningkatan jumlah pengguna yang signifikan dari semula 1 juta hingga 6 juta pengguna. Hingga saat ini, Ruangguru sudah mengantongi 9 juta user dengan mayoritas pengguna adalah siswa SMP dan SMA.

Pertumbuhan pengguna Ruangguru di kota-kota sekunder sangat pesat, ini menunjukkan kebutuhan anak-anak di daerah terhadap platform Ruangguru memang sangat tinggi, tak terkecuali di daerah terpencil.

“Potensi besar ada di daerah karena Bimbel (bimbingan belajar) belum ada di sana. Kalaupun ada, pasti mahal. Karena itu, pertumbuhannya [Ruangguru] cepat,” jelasnya.

Baca juga:

Modal Ventura Telkom Suntik Dana Startup Logistik E-commerce Asal Singapura

Sejauh ini, pihaknya mengalami pertumbuhan organik melalui startegi kemitraan dengan pemerintah daerah. Ruangguru telah menjalin kerja sama dengan 326 pemerintah kabupaten/kota dan 33 pemerintah provinsi untuk meningkatkan pendidikan di daerah.

Kemudian Ruangguru juga berhasil menggelar tryout Ujian Nasional yang diikuti oleh lebih dari 700.000 orang hanya dalam waktu 10 hari, yang merupakan salah satu ujian online terbesar di Indonesia.

“Kami juga bangga dapat mempertahankan posisi Ruangguru sebagai platform pendidikan berbasis teknologi terbesar di Indonesia. Bukan hanya masalah bisnis, tapi kami ada misi sosial. Yaitu membantu pendidikan pelajar-pelajar di Indonesia,” kata Belva.

Baca juga:

Bisnis Co-working Space Terus Melaju, Regulasi Masih Gamang

Ruangguru memiliki beberapa layanan belajar, yaitu jasa pencarian guru privat bernama Ruangles, jasa konsultasi belajar privat online yaitu Ruanglesonline, fasilitas tryout ujian bernama Ruanguji, dan grup belajar online se-Indonesia yang dinamai Ruangguru Digitalbootcamp. Adapun layanan terbaru mereka, yakni Ruangbelajar dan Ruangguru On-The-Go.