Technologue.id, Jakarta – Perusahaan modal ventura milik Telkom Indonesia, MDI Ventures, memimpin pendanaan putaran pertama seri C sebesar US$4 juta atau Rp57,67 miliar ke perusahaan teknologi asal Singapura, Anchanto.

Dalam keterangan resminya, Selasa (03/07/2018), Anchanto menyampaikan, pendanaan dari MDI Ventures datang setelah pendanaan seri B dari Transosmoc Inc Jepang dan Luxasia Group Singapura pada Mei 2017. Hasil dari dana tersebut akan digunakan untuk memperluas jangkauan pasar dan memperkuat kehadirannya di Asia Tenggara.

Baca juga:

Pakai “Nama Samaran” di Negara Lain, Ada yang Beda dari Go-Jek?

CEO dan Founder Anchanto Vaibhav Dabhade mengatakan, kolaborasi dengan Telkom Indonesia dan investasi MDI adalah dasar dari strategi Anchanto di Indonesia.

“Melalui kerja sama ini, kami bertujuan untuk memungkinkan ribuan UMKM Indonesia bergabung dengan e-commerce di DELON Telkom Indonesia (www.delon.id), untuk pemenuhan jasa e-commerce dan digital lainnya. Pada dasarnya, kami akan memberdayakan pengusaha Indonesia untuk meningkatkan skala bisnis mereka di pasar e-commerce terbesar di Asia Tenggara,” ucap Vaibhav.

Dia menambahkan, Telkom dengan basis pengguna yang kuat lebih dari 170 juta, platform digital, pembayaran seluler dan solusi bisnis adalah mitra ideal Anchanto untuk berkembang di Indonesia.

Baca juga:

Grab-Bosowa Kolaborasi, Siap Bahu-membahu di Aspal

Sementara, Achanto sudah berkolaborasi dengan Pos Indonesia, menawarkan layanan visibilitas real-time order, efisiensi dalam hal picking dan packing, saluran manajemen penjualan, dan dukungan pelanggan pada Maret 2016 lalu. Dengan demikian, layanan Achanto di Indonesia semakin lengkap dengan adanya kolaborasi ini.

“Yang menarik, MDI adalah pelanggan ketiga yang berinvestasi pada kami. Ini adalah kepercayaan yang sangat baik dalam teknologi, tim, visi, dan strategi kami dari para pengguna platform perangkat lunak kami,” tambah Vaibhav.

Baca juga:

Bisnis Co-working Space Terus Melaju, Regulasi Masih Gamang

Natal Iman Ginting, Managing Director Metra Logistics, Divisi Bisnis Logistik Telkom Indonesia, mengatakan kemitraan eksklusif dengan Anchanto akan memperluas bisnis termasuk lintas batas untuk memberdayakan UKM Indonesia ke wilayah ini. Melalui platform-nya, UMKM bisa mengelola bisnis seperti layanan gudang, katalog, harga, multi-saluran penjualan, logistik, dan pengiriman lintas batas secara terintegrasi.

“Telkom Group akan menggunakan teknologi Anchanto untuk menyediakan integrasi solusi O2O dan kemampuan e-logistik termasuk pengiriman lintas batas, multi-lokasi pergudangan, lokalisasi hiper yang memungkinkan perusahaan untuk menjual pasar global melalui SelluSeller dan eWMS,” kata Natal.

Baca juga:

7 Startup Masuk GNB Accelerator Batch 4, Siapa Saja?

Di sisi lain, Nicko Widjaja, CEO dan Direktur Investasi MDI Ventures, mengatakan investasi tersebut akan melengkapi solusi e-commerce end to end yang saat ini dalam portofolio, dan memberdayakan ekosistem e-commerce nasional.

“Investasi ini melengkapi upaya kami di sektor e-commerce, menangani segmen pasar lanskap logistik Indonesia yang berbeda dengan pendekatan yang berbeda. Teknologi logistik memiliki potensi besar untuk meningkatkan lanskap e-commerce di Indonesia. Ketika produk menjadi lebih beragam, e-commerce perlu mengoptimalkan rantai pasokan untuk disampaikan secepat mungkin kepada pelanggan. EWMS Anchanto menyediakan salah satu sistem terbaik yang berdedikasi untuk melakukan sinkronisasi di seluruh manajemen gudang, transportasi, dan sistem analisis,” tutur Nicko.