Technologue.id, Jakarta – Twitter akan mulai menjalankan program ‘bersih-bersih’ platform. Perusahaan media sosial dengan lambang Burung Biru itu telah mengirimkan email kepada pemilik akun Twitter, yang berisikan pemberitahuan bahwa akun Twitter yang tidak aktif akan dihapus per 11 Desember 2019.

Seperti diwartakan The Verge, Rabu (27/11/2019), akun yang tidak masuk selama lebih dari enam bulan akan menerima notifikasi email.

Baca Juga:
Duh! Akun Resmi CEO Twitter Berhasil Diretas

Email yang dikirim dengan subjek “Jangan kehilangan akses ke @(username).” Berikut isi email dari Twitter:

Halo

“Untuk terus menggunakan Twitter, Anda harus menyetujui persyaratan, kebijakan privasi, dan penggunaan cookie saat ini. Hal ini memungkinkan Anda tidak hanya membuat Anda bisa membagikan informasi kepada kami, tetapi juga untuk tetap bisa menggunakan akun Twitter Anda. Tapi pertama-tama, Anda perlu masuk dan mengikuti petunjuk di layar sebelum 11 Desember 2019, jika tidak, akun Anda akan dihapus dari Twitter.”

Selain menghapus, Twitter kemungkinan besar akan memberikan akun yang tidak aktif kepada pengguna lain.

“Sebagai bagian dari komitmen kami untuk menayangkan percakapan publik, kami akan membersihkan akun yang tidak aktif untuk menyajikan informasi yang lebih akurat dan kredibel yang dapat dipercaya orang di seluruh Twitter,” sebut juru bicara Twitter.

Twitter mendorong pengguna untuk konsisten dan aktif. Mengenai penghapusan akun yang tidak aktif, Twitter sempat menuliskannya dalam syarat dan ketentusaan ketika pengguna mendaftar akun baru.

“Bagian dari upaya ini adalah mendorong orang untuk aktif log-in dan menggunakan Twitter ketika mereka mendaftar account, seperti yang dinyatakan dalam kebijakan account tidak aktif kami. Kami menginformasikan bahwa akun mereka dapat dihapus secara permanen karena tidak aktif lama,” tambahnya.

Baca Juga:
Twitter Mengumumkan 10 Top Brand di Indonesia, Siapa Saja?

Namun proses penghapusan akun tidak aktif tersebut akan dilakukan selama beberapa waktu. Jadi, jangan membayangkan Twitter akan langsung menghapus seluruh akun yang tidak aktif dalam satu hari.

Twitter membocorkan, penghpausan akun yang tidak aktif akan dilakukan secara cepat. Proses penghapusan akun akan dilakukan dalam satu hari.