Technologue.id, Jakarta – Tidak ada media sosial yang belum pernah kebobolan dari sisi keamanan. Facebook, LinkedIn, dan kini Twitter pun mengalami hal yang sama. Dan kali ini, terjadi pada tweet pribadi yang sudah diposting oleh para penggunanya.

Mengutip dari TheVerge (17/01/19), melalui halaman Help Center resminya, Twitter baru saja menginformasikan bahwa ada sejumlah tweet pribadi yang bocor lantaran adanya celah keamanan pada platformnya, khususnya pada aplikasi Twitter versi Android.

Baca Juga:
Marak Konten Negatif, Twitter Paling Sering Diadukan ke Kominfo

Masalah tersebut diakibatkan oleh pengguna aplikasi Twitter for Android yang menonaktifkan opsi “Protect your Tweets” untuk mengubah sejumlah konfigurasi akunnya, seperti mengubah alamat e-mail.

Namun setelah itu, mereka lupa untuk mengaktifkannya kembali. Dan hal tersebut terjadi pada periode 3 November 2014 hingga 14 January 2019 kemarin.

Baca Juga:
Warganet Ramaikan Tagar #DebatPilpres2019 di Twitter

Pihak Twitter sendiri sudah menyatakan bahwa isu keamanan tersebut sudah diperbaiki pada beberapa waktu lalu. Dan untuk pengguna Twitter yang mengakses platformnya dari aplikasi iOS atau web, tidak terkena dampak sama sekali.

Meski sudah diperbaiki, Twitter merekomendasikan agar para pengguna tetap kembali melihat konfigurasi privasi pada aplikasi Android. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa pengguna memang tidak mengizinkan untuk membagikan datanya melalui internet.