Technologue.id, Jakarta – Regulator antimonopoli Uni Eropa sedang menyelidiki kegiatan pengumpulan data yang dilakukan Google. Penyelidikan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Google menggunakan dan melakukan monetasi data.

Baca Juga:
Google Berlakukan Kebijakan Iklan Politik

Dilansir dari Reuters (2/12/2019), Eksekutif Uni Eropa membenarkan tindakan investigasi ini terhadap raksasa teknologi dunia itu, saat dikonfirmasi.

“Komisi telah mengirimkan kuesioner sebagai bagian dari investigasi awal dalam praktik Google terkait dengan pengumpulan dan penggunaan data. Penyelidikan awal sedang berlangsung,” kata perwakilan Eksekutif Uni Eropa.

Dokumen menunjukkan Uni Eropa berfokus pada data terkait dengan layanan pencarian, iklan online, layanan penargetan iklan online, layanan login, hingga browser web.]

Baca Juga:
Menkominfo Bicara Kedaulatan Data Dihadapan Google

Sebelumnya, Komisaris Persaingan Eropa Margrethe Vestager telah menjatuhkan sanksi berupa denda lebih dari 8 miliar euro kepada Google dalam dua tahun terakhir. Pihaknya pun sempat memerintahkan Google untuk mengubah praktik bisnisnya.

Google mengatakan penggunaan data tersebut untuk meningkatkan layanannya, dan pengguna dapat mengelola, menghapus, dan mentransfer data mereka kapan saja.